10 September 2020, 21:28 WIB

Petahana Cuti Pilkada, Pemprov Jateng Siapkan Pejabat Sementara


Akhmad Safuan | Nusantara

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sudah menerima beberapa surat pengajuan cuti dari calon petahana yang maju untuk mencalonkan diri di pilkada serentak mendatang. Surat izin cuti tersebut sebagai syarat untuk kembali berkompetisi di pilkada.

"Saya sudah menerima surat pengajuan ijin cuti dari petahana yang akan maju pilkada, bahkan sudah saya tandatangani ijin cuti itu," kata Ganjar Pranowo, Kamis (10/9).

Sebagai antisipadi kekosongan pemerintahan, lanjut Ganjar, pihaknya  telah mempersiapkan pejabat sementara kepala daerah yang cuti. "Dengan demikian proses akan berjalan sesusi ketentuan dan pemerintahan akan tetap berjalan," jelasnya.

Di sisi lain, lima petahana di Jawa Tengah gagal maju di pilkada 2020. Mereka kurang mendapat dukungan partai politik (parpol) sebagai salah satu syarat untuk kembali bersaing di pilkada.

Kelima petahana gagal mendapat dukungan parpol untuk maju kembali di pilkada yakni bupati Kendal Mirna Annisa, Bupati Demak M Natsir, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Bupati Wonosobo Eko Purnomo dan Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz. (R-1)

 

BERITA TERKAIT