10 September 2020, 20:02 WIB

Maserati MC20 Hadir di Indonesia Awal 2021


RO | Otomotif

PRODUSEN mobil Italia Maserati mengumumkan diluncurkan super sports car terbarunya Maserati MC20 yang memadukan performa, sporti dan kemewahan dalam rancangan unik. MC20 melakukan debut dunianya di acara 'MMXX: Time to be audacious' yang digelar di Modena, Italia pada Rabu (9/9).

Nomenklatur MC20 merupakan sebuah kode, MC untuk Maserati Corse dan 20 untuk 2020 menandai dimulainya era baru. Pabrikan Italia ini begitu mengangung-agungkan mesin barunya. Pasalnya mesin yang dinamai Nettuno ini sekaligus menandai kembalinya Maserati dalam memproduksi mesin sendiri setelah absen selama lebih dari dua dekade.

Nettuno mengusung teknologi MTC (Maserati Twin Combustion) yang sudah mengantongi paten internasional. Teknologi ruang pembakaran ganda ini juga diadopsi oleh mesin-mesin balap Formula 1.

Mesin berkapasitas 3.0 liter V6 twin turbo ini sanggup menyajikan tenaga hingga 621 hp pada 7.500 rpm dengan torsi sebesar 730 Nm pada 3.000-5.500 rpm. Alhasil untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan kurang dari 2,9 detik dengan kecepatan maksimal lebih dari 325 km/jam.

Mobil berpenggerak roda belakang ini menggunakan Dual Clutch Transmission (DCT) 8-Speed. Tersedia tombol pemilih mode mengemudi GT, Wet, Sport, dan Corsa, serta ESC Off yang membuat kendali kendaraan sepenuhnya di tangan pengemudi. 

MC20 juga didukung oleh bobotnya yang sangat ringan, kurang dari 1.500 kg. Hal ini membuat Maserati MC20 menjadi super sports car terbaik di kelasnya dalam rasio bobot dan tenaga, yakni 2,33 kg/hp. Penggunaan serat karbon dan material pilihan menjadi kuncinya.

Mobil ini dirancang di Modena dan akan dibangun di pabrik Viale Ciro Menotti bersama jajaran produk berlogo Trident lain yang telah diproduksi selama lebih dari 80 tahun di tempat tersebut. Perancangannya sendiri memakan waktu sekitar 24 bulan melibatkan tim insinyur dari Maserati Innovation Lab, Maserati Engine Lab dan Maserati Style Center.

Masaerati MC20 dilengkapi sepasang pintu ala kupu-kupu yang tidak hanya atraktif tetapi juga fungsional untuk meningkatkan nilai ergonomi kendaraan sekaligus mengoptimalkan akses masuk maupun keluar kabin.

Rekayasa aerodinamika dirancang lebih dari dua ribu jam kerja memanfaatkan fasilitas terowongan angin Dallara, termasuk lebih dari seribu simulasi Computational Fluid Dynamics yang menciptakan hasil karya seni eksklusif. 

Hasilnya adalah sebuah mobil dengan garis tubuh langsing yang memiliki koefisien gesek di bawah 0,38 tanpa tambahan lain, selain spoiler belakang untuk meningkatkan downforce tanpa mengurangi keindahan MC20. 

Desain interior menempatkan pengemudi sebagai titik pusat dan tidak ada yang mengalihkan perhatiannya. Setiap komponen memiliki fungsi dan sepenuhnya berorientasi pada pengemudi.
 
Peluncuran model produksi dijadwalkan di akhir tahun ini, dimana pesanan mulai diterima pada 9 September usai debutnya di dunia. Sementara di Indonesia sendiri, Managing Director Maserati Indonesia Jason Broome mengatakan baru akan hadir awal tahun 2021.

Menyoal harga, Maserati MC20 dibanderol di Amerika Serikat di kisaran 210.000 dolar atau sekitar lebih dari Rp3miliar, sementara di Inggris dilabel mulai 187.230 poundsterling atau sekitar Rp3,5 miliar lebih. Diperkirakan, mobil ini sampai di Indonesia dengan harga di kisaran Rp9,1 miliar. (S-4)
 

BERITA TERKAIT