10 September 2020, 19:30 WIB

Operasi Yustisi Pakai Masker Digelar Hingga Tepi Samudra


Solmi | Nusantara

Jajaran Polri bahu-membahu dengan TNI dan institusi pemerintah terkait bergerak mengawal Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Kampanye Jaga Jarak ke-11 kabupaten kota di Provinsi Jambi pada Kamis (10/9).

Tidak hanya menjangkau warga di pusat-pusat kota, kegiatan edukasi dan pembagian masker secara gratis itu menyasar pengendara di jalur lintas Sumatra. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan pada nelayan di pantai timur Sumatra dan masyarakat Orang Rimba (Suku Anak Dalam) yang berada di pinggir belantara di wilayah barat Provinsi Jambi.

"Polri bersama TNI berkomitmen mendampingi pemerintah untuk menegakkan disiplin dan menjaga kesehatan masyarakat di tengah ancaman pandemi saat ini. Kita berharap semua komponen masyarakat di Jambi mendukung dan berpartisipasi aktif," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Santhyabudi pada apel Operasi Yustisi Penggunaan Masker dan Kampanye Jaga Jarak di Mapolda Jambi, Kamis (10/9).

Firman menjelaskan bahwa operasi terkait dengan penerapan adaptasi kebiasan baru. Tujuannya untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kita prihatin, sampai saat ini pandemi covid-19 masih ada yang mengancam kesehatan dan perekonomian masyarakat," lanjutnya.

Kegiatan pembagian masker secara serentak hari ini, imbuh Firman, merupakan wujud dari kepedulian pemerintah daerah, TNI, dan Polri khususnya Polda Jambi terhadap lingkungan sosial yang membutuhkan.

"Masker merupakan salah satu kebutuhan standar untuk mencegah penyebaran covid-19," ujar Firman.

Secara simultan, imbuhnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan di seluruh jajaran kepolisian resort di Jambi. Di wilayah pesisir timur Sumatera Jambi misalnya, Jajaran Polres Tanjungjabung Barat bekerja sama dengan jajaran TNI dari Kodim 0419/Tanjab.

"Usai apel bersama di Mapolres, kami membagikan masker gratis kepada warga di Kota Kuala Tungkal, hingga para nelayan pantai timur," ujar Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro.

Kita prihatin, lanjutnya, di tengah ancaman pandemi virus covid-19 saat ini, masih banyak warga yang tidak mengenakan masker di tempat-tempat umum.

"Hari ini pembagian masker gratis kita lakukan lagi bersama teman-teman TNI dan jajaran pemerintah terkait. Kami berkeliling dengan sepeda motor, mulai pusat Kota Kuala Tungkal sampai kepada pusat kegiatan nelayan di daerah pantai," kata Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro.

Baca juga: Polda Jatim Ingatkan Ancaman Bui bagi Pelanggar Aturan Kesehatan

Kegiatan serupa juga dilakukan jajaran Polres Merangin. Selain kepada warga di pusat kabupaten, edukasi dan pembagian masker gratis dilakukan kepada para pengendara di Jalan Lintas tengah Sumatra yang tidak bermasker.

Bahkan menariknya, kegiatan yang dipimpin Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, juga menjangkau masyarakat suku terasing Orang Rimba yang bermukim di sekitar perkebunan kelapa sawit dekat hutan (rimba belantara) tempat asal mereka.

"Kita berusaha melakukan secara maksimal. Bahkan termasuk saudara-saudara kita warga Suku Anak Dalam (Orang Rimba). Kita edukasi dan bagikan masker," tukas Irwan. (OL-14)

BERITA TERKAIT