10 September 2020, 17:45 WIB

Risma Berlakukan Swab Tes bagi Tamu Menginap di Surabaya


Faishol Taselan | Nusantara

PEMERINTAH Kota Surabaya bakal menerapkan kebijakan tes swab bagi para tamu yang menginap di sana. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 gelombang kedua.

"Kondisi Kota Surabaya sudah lebih baik. Angka kesembuhan (harian) rata-rata jauh lebih tinggi dari angka positif Covid-19. Tapi, situasi ini harus dijaga agar tidak terjadi gelombang kedua," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Kamis (10/9)

Penerapan kebijakan swab test ini, jelas Risma, untuk mencegah terjadinya gelombang kedua virus corona, mengingat DKI Jakarta saat ini kembali menghadapi darurat Covid-19 dan kembali menerapkan PSBB ketat.

Menurut Risma, kebijakan pengawasan protokol kesehatan diprioritaskan untuk komunitas kecil seperti rumah makan, warung kopi dan sejenisnya. Untuk pengawasan dikerahkan tenaga kelurahan. Babinkamtibmas dan Babinsa. Tenaga mereka sangat terbatas untuk mengawasi komunitas besar.

"Jadi warga yang baru datang kita harus lakukan apa. Kita sudah bisa lakukan rapid dan swab rutin di beberapa tempat. Jadi kita arahkan para tamu itu yang akan menginap harus lakukan itu (swab) dulu," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Jakarta Tambah 1.450 Kasus Baru, Total Kasus Capai 51 Ribu

BERITA TERKAIT