10 September 2020, 17:06 WIB

Polisi: Pria Asal Riau Bercanda telah Bunuh Yodi Prabowo


Rahmatul Fajri | Megapolitan

KASUS penemuan jasad editor Metro TV Yodi Prabowo kembali bergulir. Polisi mengamankan seorang pria asal Riau yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan Yodi.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang berisi pengakuan seseorang yang mengaku membunuh Yodi. Orang tersebut juga sempat ribut dengan rekan Yodi di Metro TV setelah pengakuannya itu.

Baca juga: Soal Yodi Prabowo, Kriminolog: Pelaku Kemungkinan Orang Dekat

Namun, setelah diamankan dan diperiksa, polisi membebaskan pria tersebut karena tidak terbukti melakukan pembunuhan. Pria tersebut mengaku hanya bercanda.

"Dia itu hanya marah, bercanda saja," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Tubagus Ade Hidayat, Kamis (10/9).

Meski demikian, pria tersebut bisa dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang penyebaran berita bohong. Namun, pengenaan pasal itu harus memiliki dampak di masyarakat atau kerugian material bagi orang lain.

"Sebetulnya bisa-bisa saja dikenakan, tapi harus ada dampak menimbulkan kekacauan sampai ini akibat materil dari perbuatanya," kata Tubagus.

Tubagus mengatakan pihaknya langsung mengamankan pria tersebut di Riau untuk meminta keterangan lebih lanjut dan mengecek kebenaran apa yang diucapkannya di video tersebut.

"Memang waktu itu kami amankan dengan asumsi, dengan pertimbangan, yang pertama apa benar informasi itu. Yang kedua adalah dalam rangka pelayanan kepada pihak keluarga korban, tempat di mana Yodi bekerja semasa hidupnya," kata Tubagus.

Seperti diketahui, tubuh Yodi ditemukan pada Jumat siang, 10 Juli 2020 di pinggir jalan Tol JOR, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dia diduga tewas pada Rabu malam, 8 Juli 2020.

Baca juga: Pesan yang tak Pernah Dibaca Yodi Prabowo

Mula-mula Yodi diduga sebagai korban pembunuhan. Hasil penyelidikan polisi menunjukkan Yodi bunuh diri menggunakan pisau yang dibeli sendiri.

Yodi menusuk dada kiri dan lehernya. Kasus kematian Yodi ditutup dan lewat analisis yang dilakukan polisi, Yodi dinyatakan bunuh diri, tapi keluarga tetap tidak percaya dan menganggap Yodi dibunuh. (Faj/A-3)

BERITA TERKAIT