10 September 2020, 14:10 WIB

Jelang Pilkada 2020, Polri Siap Lakukan Pemetaan Lokasi Keramaian


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

JELANG Pilkada serentak 2020, Bareskrim Polri akan melakukan pemetaan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang diperkirakan padat akan aktivitas warga.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, menuturkan pihaknya melakukan pemetaan demi mengawal jalannya Pilkada dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran korona.

Baca juga: Tak Mudah, Separuh Wilayah RI Pilkada Serentak pada 2020

“Jadi kita bisa memetakan berkaitan dengan keramaian, seperti di pasar, kemudian di tempat-tempat yang lain,” ungkap Argo di Polda Metro Jaya (PMJ), Jakarta, Kamis (10/9).

Menurut Argo, pemetaan lokasi perlu dilakukan lantaran keramaian atau kepadatan warga di setiap Provinsi atau Kabupaten pasti memiliki perbedaan.

“Tentunya kita harus kerja keras ya, dengan harapan bahwa memutus Covid-19 akan segera kita lakukan. Untuk itu kami terus ingatkan agar menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,” paparnya.

Argo menerangkan pihaknya pun akan mendukung penuh kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan pengawasan Pilkada serentak 2020. “Ya tentunya kita bersama dengan instansi-instansi yang lain dengan TNI, Pemda, kita saling bahu-membahu,” ujarnya.

Demi menyukseskan kelancaran Pilkada, Argo juga berencana untuk mengedepankan komunikasi dengan tokoh-tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat sekitar. “Hal ini dilakukan untuk memutus daripada klaster covid-19, memutus daripada penyebaran covid ini,” terangnya.

Rencananya, Bareskrim akan menyiapkan sebanyak 137.729 personel yang akan disiagakan untuk mengamankan 3.152 TPS di seluruh Indonesia. (Ykb/A-1)

BERITA TERKAIT