10 September 2020, 19:35 WIB

Virus Korona Diduga Bisa Menyerang Otak Manusia


Putri Rosmalia | Weekend

VIRUS korona diketahui tidak hanya bisa menyerang paru-paru manusia, tetapi juga berbagai organ vital lainnya, mulai dari ginjal, hati, dan pembuluh darah. Terbaru, diketahui juga bahwa virus korona memiliki gejala seperti sakit kepala, kebingungan, hingga mengigau. Gejala-gejala itu memunculkan dugaan bahwa virus SARS CoV-2 juga dapat 

Dari penelitian terbaru diketahui bahwa ditemukan virus korona pada otak penderita covid-19. Virus tersebut dapat berkembang biak dan memakan sel-sel otak hingga menyebabkan kematian. 

“Kalau otak juga bisa ikut terinfeksi, itu tentu akan sangat mematikan,” ujar Immunologis dari Universitas Yale, Akiko Iwasaki, seperti dilansir dari The New York Times, (10/9).

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seberapa besar peluang virus bisa menyerang otak. Begitu juga dengan cara virus masuk menuju otak manusia. Namun, diduga faktor genetik memngaruhi hal tersebut.

Neurologist National Hospital for Neurology and Neurosurgery, Inggris, Michael Zandi, mengatakan bahwa sejauh ini masih dibutuhkan lebih banyak bukti bahwa virus korona bisa menyerang otak manusia. Namun, ia yakin bahwa potensi akan bahaya itu sangat mungkin terjadi. (M-1)

BERITA TERKAIT