10 September 2020, 12:50 WIB

IDI: Indonesia Harus Siapkan Tambahan Nakes untuk Covid-19


Atalya Puspa | Humaniora

Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Adib Khumaidi mengungkapkan sudah saatnya Indonesia mengambil langkah antisipasi lebih jauh terkait ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk penanganan covid-19.

"Menurut saya, perlu ada diskusi dengan melibatkan semua stakeholder untuk permasalahan SDM ini karena kita harus ambil langkah antisipasi untuk perkembangan ke depan," kata Adib, Kamis (10/9).

Adib mengakui peningkatan jumlah pasien covid-19 dan terus bertambahnya rumah sakit (RS) rujukan covid-19 tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang ada saat ini. Oleh karena itu, diperlukan perekrutan tenaga kesehatan yang fokus menangani covid-19.

Baca juga: Darurat Tenaga Kesehatan

"Apa yang bisa dilakukan? Substitusi. Kita bisa mengalihkan nakes di RS non-covid untuk bisa diperbantukan di RS covid-19. Kemudian dengan penambahan volunteer juga relawan yang diberikan kompentensi tambahan. Itu yang harus diperhatikan dan disiapkan khusus sesuai kompetensinya di dalam ruang perawatan," bebernya.

Dihubungi terpisah, Anggota Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daniel Wibowo mengungkapkan selain ketersediaan SDM, RS akan berupaya untuk menyediakan ruang pelayanan bagi pasien covid-19.

"Jumlah pasien yang dirawat makin meningkat. Oleh karena itu, PERSI mengimbau rumah sakit untuk menambah kapasitas, dan rumah sakit yang belum melayani pasien covid-19, diimbau untuk mulai membuka pelayanan," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT