10 September 2020, 08:05 WIB

Nash Bantah Dikontrak Nets karena Berkulit Putih


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PERAIH dua gelar MVP NBA Steve Nash membantah dirinya diuntungkan karena berkulit putih sehingga dikontrak menjadi pelatih Brooklyn Nets meski tidak memiliki pengalaman menjadi pelatih.

Berbicara untuk pertama kali sejak dikontrak Nets, pekan lalu, Nash, Rabu (9/9), menegaskan tidak ada masalah dirinya tidak memiliki pengalaman sebagai pelatih.

Mantan pemain asal Kanada berusia 46 tahun itu menegaskan pengalamannya di NBA yang mencakup 18 tahun sebagai pemain dan dua tahun sebagai penasehat untuk Golden State Warriors membuat dia layak menjadi pelatih Nets.

Baca juga: Covington Siap Kembali Bela Rockets

"Saya memastikan berkulit putih tidak menjadi faktor dalam penunjukkan saya sebagai pelatih Nets," ujar Nash.

"Kita masih butuh waktu lama mendefinisikan keadilan sosial dan rasial. Saya berharap bisa membantu untuk itu," imbuhnya.

Penunjukkan Nash sebagai pelatih Nets menjadi sorotan karena dia melewati sejumlah asisten pelatih berkulit hitam menjadi pelatih di NBA.

Nets hanya membukukan satu kemenangan di babak playoff NBA sejak 2008 dan sudah tidak pernah melaju lebih dari putaran kedua sejak tampil di final NBA secara beruntun pada 2002 dan 2003. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT