10 September 2020, 05:15 WIB

Surabaya Bangkitkan UMKM Bersama Sampoerna


(FL/HT/BY/YH/RF/N-2) | Nusantara

GOTONG royong membangkitkan UMKM di tengah pandemi dilakukan di Surabaya, Jawa Timur. Wali Kota Tri Rismaharini mendapat dukungan kalangan swasta.

Bersama PT HM Sampoerna, Pemkot Surabaya menggulirkan program Bazar Urban Farming, Pahlawan Ekonomi, dan Pejuang Muda secara daring, kemarin. Ratusan pelaku UMKM dan calon pembeli mengikuti acara itu.

Dalam bazar daring, UMKM memasarkan produk pertanian hingga hasil ikan segar dari nelayan dan beragam makanan hasil olahannya. Satu per satu pelaku usaha mendapat kesempatan mempromosikan produk mereka.

"Di masa pandemi, kita semua dituntut berpikir cerdas dan kreatif. Kalau biasa-biasa saja, kita akan tertinggal dari yang lain," ujar Risma.

Di hari yang sama juga digelar sejumlah pelatihan. Di antaranya pelatihan Good Manufacturing Practices dengan narasumber Prof Teti Estiasih dari Universitas Brawijaya dan Sri Hastuti Widowati dari Sampoerna Entrepreneurship Training Center.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengakui Pemkot Surabaya telah konsisten mengembangkan UMKM melalui berbagai program, di antaranya Pahlawan Ekonomi yang digelar berkolaborasi dengan Sampoerna.

"Program ini telah melahirkan banyak pelaku UMKM dan menginspirasi wirausaha baru. Pahlawan Ekonomi telah membantu menggerakkan roda perekonomian di Surabaya serta membuka lapangan kerja bagi warga sekitar," tandasnya.

UMKM juga jadi perhatian PT Pertamina Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Perusahaan itu telah merealisasikan Program Kemitraan UMKM senilai Rp13,1 miliar. "Targetnya, sampai akhir 2020 bisa direalisasikan penyaluran hingga Rp18 miliar," kata juru bicara perusahaan, Anna Yudhiastuti.

Di Jawa Barat, Rumah Zakat juga mengambil peran membangkitkan UMKM. "Kami berkolaborasi, bergotong royong dengan semua pihak membantu pemulihan UMKM. Program yang digulirkan berupa Wakaf UMKM, Sahabat Kebaikan, hingga kurban," kata CEO Rumah Zakat Nur Efendi. (FL/HT/BY/YH/RF/N-2)

BERITA TERKAIT