10 September 2020, 05:10 WIB

BKKBN Apresiasi para Penyuluh KB


Wan/H-2 | Humaniora

SEJAK Maret 2020, sebanyak 25 ribu penyuluh keluarga berencana (KB) didukung dengan 1,2 juta kader telah bergerak mengomunikasikan pesan pencegahan covid-19 kepada masyarakat. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengapresiasi kerja keras mereka.

“Kami berikan apresiasi karena namanya penyuluh, baik itu PNS maupun swasta dan juga kader-kader di lapang­an bisa bersama-sama memerangi covid-19 dan sudah membuktikan kinerja mereka yang sungguh luar biasa,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, kemarin.

Apresiasi diberikan BKKBN dalam bentuk serangkaian Facebook Live Session untuk penguatan kapasitas mereka secara jarak jauh. Berbagai topik, seperti informasi dasar pencegahan covid-19, penguatan nutrisi untuk imunitas, perlindungan balita dan manula dari covid-19, hingga pembentukan gugus tugas RT/RW, adalah sebagian dari materi yang telah disampaikan sebagai bekal mendampingi keluarga-keluarga di Indonesia.

Menurut Hasto, keterlibatan para penyuluh dan petugas lapangan KB untuk menggerakan IMP (institusi masyarakat perdesaan) itu tidak lepas dari bantuan Johns Hopkins Center for Communication Programs (JHCCP).

Apresiasi juga datang dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Pelaksana Tugas Direktur Kantor Kesehatan USAID Indonesia Pamela Foster mengatakan, hingga saat ini AS telah memberikan komitmen Rp187 miliar kepada Indonesia dalam berbagai bentuk bantuan kemanusiaan dan kesehatan untuk merespons pandemi covid-19. (Wan/H-2)

BERITA TERKAIT