10 September 2020, 00:55 WIB

CR-7 Lambungkan Portugal


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PORTUGAL unjuk kapasitas sebagai juara bertahan dengan menuai kemenangan kedua di ajang UEFA Nations League 2020/2021 dengan mempermalukan tuan rumah Swedia 2-0, kemarin dini hari.

Laga di Liga A Grup 3 itu, sang kapten Cristiano Ronaldo kembali menjadi penentu kejayaan Selecao das Quinas julukan timnas Portugal. Pemain berjuluk CR-7 memborong dua gol yang membuatnya telah mengoleksi 101 gol bersama timnas negaranya. 

Capaian terbaik seorang pemain di ‘Benua Biru’. Tuan rumah Swedia sempat memberi perlawanan. Namun, semuanya berubah setelah harus bermain dengan 10 pemain karena Gustav Svensson diganjar kartu kuning kedua sehingga harus keluar lapangan.

Semenit berselang, CR-7 menjebol gawang Swedia lewat sebuah tendangan bebas, sedangkan gol kedua pemain Juventus berusia 35 tahun itu dilesakkan di menit ke-72. Pelatih timnas Portugal Fernando Santos mengakui timnya kesulitan pada babak pertama.

Meski demikian, anak asuhnya mampu keluar dari tekanan. “Selama 20 menit pertama kami sedikit kesulitan, kami tidak bisa menghadapi cara mereka bermain,” katanya seperti dilansir laman resmi UEFA, kemarin.

“Kemudian, kami berusaha improvisasi dengan lebih menguasai bola dan memaksa Swedia mengejarnya. Itu membuat usaha kami lebih mudah,” lanjutnya.

Dua gol yang dicetak Ronaldo membuat mantan penyerang Manchester United dan Real madrid itu telah mengoleksi 101 gol dari 165 penampilan bersama timnas Portugal. Sebuah catatan bersejarah, ia menjadi pesepak bola pria kedua yang sanggup meraih 100 gol di level internasional. Ia hanya terpaut delapan gol dari legenda Iran, Ali Daei (109).

‘Sebuah kebanggaan yang luar biasa seusai mencetak gol bersejarah bagi tim nasional kami!’ tulis Cristiano Ronaldo di Instagram pribadinya.

‘Ketika mereka mengatakan pada saya bahwa saya bisa mencapai 100 gol, saya berkata itu tak cukup... 101 gol untuk Portugal,’ lanjutnya.

Kemenangan atas Swedia membuat Portugal tetap berada di puncak klasemen Grup 3 dengan koleksi enam poin. Portugal unggul selisih gol atas Prancis yang menang 4-2 atas Kroasia.


Debut Camavinga

Di duel ulangan final Piala Dunia 2018 Rusia itu, Les Bleus julukan Prancis menurunkan bintang muda Eduardo Camavinga. 

Masuk menggantikan N’Golo Kante di menit ke-63, membuat Camavinga menorehkan catatan sebagai pemain termuda yang membela Les Bleus sejak 1914. Camavinga mencatatkan debut pada usia 17 tahun dan 303 hari. Catatan itu hanya kalah dari torehan Maurice Gastiger yang membela Prancis pada 1914 saat berusia 17 tahun dan 128 hari.

“Pertama-tama, saya merasakan kebanggaan untuk keluarga dan seluruh rakyat Prancis. Saya tidak tahu dari mana kepercayaan diri ini muncul. Saya beberapa kali tampil bersama pemain senior dan itu membuat saya lebih dewasa,” katanya seperti dilansir Goal, kemarin.

Saat tiba di Clairefontaine, tempat pemusatan latihan timnas Prancis, Camavinga masih berstatus skuad junior. Namun, karena Paul Pogba absen, Camavinga akhirnya menjadi pilihan pelatih Didier Deschamps. (AFP/UEFA/R-2)

BERITA TERKAIT