09 September 2020, 17:55 WIB

Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Babel Banyak dari ASN


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

JUMLAH warga yang terkomfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus bertambah, Selasa (8/9) terdata bertambah tujuh kasus baru berasal dari Kota Pangkalpinang. Mereka umumnya aparatur sipil negara (ASN), total sudah ada 250 warga Babel positif covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, menjelaskan tujuh pasien ini berasal dari beberapa wilayah di Pangkalpinang.

"Iya ada penambahan tujuh kasus baru di Pangkalpinang, kendati demikian ada juga yang sembuh hari ini di Babel," kata pria yang akrab disapa ABP, Rabu (9/9).

Ia menyebutkan, ketujuh pasien itu diantaranya MRS (18) laki-laki beralamat di Perumahan Taman Pesona Bangka, Bukit Betung, Sungailiat, Bangka berdomisili di Jalan Fatmawati, Gabek Satu, Gabek, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan merupakan kontak erat LG, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, diketahui bahwa MRS adalah anak dari LG.

"Kemudian ada YN (66) perempuan, HP (41) Laki-laki dan RS (39) perempuan, ketiganya beralamat di Jalan Fatmawati, Gabek Satu, Gabek, Pangkalpinang," kata andi.

Berdasarkan riwayat, ketiganya dari tes rapid diperoleh hasil reaktif, dari tes swab PCR pada 7 September 2020 diperoleh hasil positif Covid-19.

Kemudian, CF (52) laki-laki beralamat di Jalan Ariodillah III, 20 Ilir D. IV, Ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan; berdomisili di Jalan Depati Hamzah, Air Itam, Bukit Intan, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan bermaksud melakukan perjalanan dinas ke Belitung. Dari tes rapid diperoleh hasil reaktif, dari tes swab PCR pada 7 September 2020 diperoleh hasil positif Covid-19. Diketahui bahwa CF adalah ASN di Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Babel.

"Lalu, RHH (55) laki-laki beralamat di Jalan Kusumawardani, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah; berdomisili di Perumahan Bukit Intan Asri, Bacang, Bukit Intan, Pangkalpinang," terangnya.

Berdasarkan riwayat, pada 2 September 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Jakarta, daerah terjangkit dan episentrum Covid-19, ke Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Diketahui bahwa RHH adalah juga ASN di Kantor Perwakilan BPKP Babel.

Kemudian, DAN (24) laki-laki, beralamat di Jalan Depati Hamzah, Semabung Lama, Bukit Intan, Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, pada 4 September 2020 yang bersangkutan hendak melakukan perjalanan ke Palembang, Sumatera Selatan, dari tes rapid diperoleh hasil reaktif, dari tes swab PCR pada 7 dan 8 September 2020 diperoleh hasil positif Covid-19.

Perlu diketahui bahwa DAN sebelumnya sudah pernah terkonfirmasi Covid-19, yakni berdasarkan riwayat, pada 8 Agustus 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Palembang, Sumatera Selatan, daerah terjangkit Covid-19. Kemudian melakukan tes rapid untuk syarat perjalanan ke Belitung, dan diperoleh hasil reaktif. Lalu dilakukan pengambilan sampel spesimen swab, dan dari hasil tes swab PCR pada 21 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

"Sebaran kasus diantaranya Pangkalpinang sebanyak 86, Bangka sebanyak 75, Bangka Tengah sebanyak 17, Bangka Barat sebanyak 22, Bangka Selatan sebanyak 10, Belitung sebanyak 28 dan Belitung Timur sebanyak 12 orang,"ucap dia. (OL-13)

BERITA TERKAIT