09 September 2020, 16:55 WIB

Kota Sukabumi Gencar Tracing Kasus Covid-19 Naik


Benny Bastiandy | Nusantara

KURUN dua hari terakhir, Selasa (8/9) dan Rabu (9/9), terjadi penambahan lagi kasus baru terkonfirmasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kondisi tersebut mengakibatkan jumlah pasien terkonfirmasi juga bertambah.

Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana, menuturkan pada Selasa (8/9) terjadi penambahan sebanyak 4 kasus dan pada Rabu (9/9) sebanyak 3 kasus. Penambahan jumlah kasus terkonfirmasi tak terlepas upaya tracing, tracking, dan testing yang dilakukan Pemkot
Sukabumi melalui Satgas Penanggulangan Covid-19.

"Hari ini (Rabu) ada penambahan lagi 3 kasus terkonfirmasi. Mereka berasal dari Kelurahan Subangjaya di Kecamatan Cikole sebanyak 2 orang dan dari Kelurahan Cikondang di Kecamatan Citamiang 1 orang laki-laki dewasa," kata Wahyu kepada Media Indonesia, Rabu (9/9).

Dengan penambahan tersebut, berarti hingga Rabu (9/9) jumlah terkonfirmasi di Kota Sukabumi terdata sebanyak 148 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 124 pasien dinyatakan sembuh.

"Masih ada 24 pasien yang sedang menjalani isolasi," terang Wahyu.

Selain kasus terkonfirmasi, kata Wahyu, terjadi juga penambahan kasus suspek sabanyak 1 orang. Sehingga, total jumlah pasien suspek hingga Rabu (9/9) sebanyak 175 orang. Dari jumlah itu, yang dinyatakan selesai sebanyak 21 orang. Sisanya sebanyak 154 orang masih menjalani isolasi.

"Berbagai upaya terus kami lakukan untuk mendeteksi penyebaran covid-19. Kami juga melakukan tes swab secara masif kepada semua kalangan masyarakat," pungkasnya.

Pemkot Sukabumi menargetkan bisa melakukan tes usap bagi 3.500-an warga atau 1 per 1.000 dari jumlah penduduk. Dengan dilakukan tes usap secara masif, diharapkan bisa mendeteksi penyebaran covid-19.

"Kami selalu menekankan upaya 3T yaitu tracing, tracking, dan testing. Ini tiga kunci utama kita mendeteksi penyebaran covid-19. Penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat juga masih menjadi fokus utama mencegah penyebaran covid-19 di Kota Sukabumi," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, yang juga sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Sukabumi. (OL-13)

Baca Juga: Bareskrim Gagal Periksa Lanjutan Pinangki Hari Ini

BERITA TERKAIT