09 September 2020, 13:00 WIB

Wabah Covid-19 Mengkhawatirkan, Anies Minta Masyarakat Disiplin


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Wabah covid-19 di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Per 8 September, angka covid-19 di Jakarta sudah mencapai 48.811 kasus.

Dari jumlah tersebut, total 36.451 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7%. Lalu total kematian mencapai 1.330 orang. Tingkat kematian 2,7%.

Sementara itu, positivity rate Jakarta juga sudah mencapai 13,2%. Ini melebihi ambang batas aman dari WHO, yakni 10%.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat selalu disiplin dan taat dalam menjalani protokol kesehatan.

"Saya berharap seluruh warga masyarakat untuk makin disiplin menggunakan masker karena itulah kuncinya," ungkap Anies usai meresmikan RS Brawijaya Saharjo di Tebet, Jakarta Selatan hari ini.

Kasus covid-19, menurutnya, harus segera ditekan. "Sebab bila tidak ditekan, pertahanan terakhir, yakni sumber daya kesehatan bisa jebol dan tak mampu lagi menangani pasien yang terus berdatangan," jelasnya.

Baca juga: Anies Akui Situasi Wabah Covid-19 di Jakarta Mengkhawatirkan

Per Selasa (8/9) sudah ada 11.030 kasus aktif covid-19. Dari jumlah itu 4.432 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 6.598 orang menjalani isolasi mandiri di rumah atau di fasilitas kesehatan.

Anies juga menegaskan akan mengevaluasi seluruh kebijakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Dia juga akan mengumumkan paket kebijakan baru sore ini.

"Karena itu, nanti sore atau siang ini kita akan me-review semua dan akan menyiapkan kebijakan-kebijakan baru," tegasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT