09 September 2020, 12:59 WIB

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Babel Akan Bangun 20 Dermaga


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2021 akan membangun 20 dermaga. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  
Erzaldi Rosman Djohan menyampaikan hal itu saat memberi arahan ketika memimpin teknis pengelolaan Tempat Pemasaran Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) 
Muara Sungai Baturusa, Selasa (8/9)

Erzaldi mengatakan pembangunan 20 dermaga tersebut ada yang menggunakan dana APBD, ABPN, maupun APBDes. Rencana pembangunan dermaga ini dialokasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan Babel sebesar Rp30 miliar. Mengenai kewenangan dapat dikoordinasikan kembali, baik itu pemerintah pusat maupun kabupaten/kota.

"Rencananya ada sekitar 20 dermaga di Bangka Belitung yang akan dibangun pada 2021. Setiap daerah yang kita lakukan pembangunan saya mau ada lima orang di daerah tersebut harus mempunyai sertifikat yang dikeluarkan oleh PU," kata Erzaldi.

baca juga: MAKN Sinergi Dengan Kementan Dukung Ketahanan Pangan

"Saya mau pembangunan ini bisa banyak manfaatnya untuk masyarakat dan bisa menambahkan pertumbuhan perekonomian masyarakat daerah tersebut," lanjutnya. 

Selain itu, Gubernur Erzaldi akan memberikan bantuan kepiting bakau. Program ini sangat didukung oleh pemerintah pusat. 

"Saya mau bibitnya itu kira-kira sekitar sekilonya 10 bibit, jadi sekitar tiga bulan sudah panen. Saya mau 100 kg untuk satu kelompok," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT