09 September 2020, 10:41 WIB

Menang Lawan Swedia, Santos: Kami Improvisasi Kuasai Bola


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIMNAS Portugal meraih kemenangan dengan skor 2-0 saat menghadapi Swedia dalam lanjutan UEFA Nations League 2020-2021, Rabu (9/9). Brace gol kapten sekaligus pemain andalan mereka, Cristiano Ronaldo, membuat Portugal perkasa di kandang Swedia.

Cristiano Ronaldo menjadi sosok kunci dalam kemenangan ini. Satu gol diciptakan menjelang berakhirnya babak pertama lewat tendangan bebas. Gol keduanya lahir pada menit ke-72.

Pemain berusia 35 tahun tersebut bekerja sama dengan Joao Felix untuk menjebol gawang Swedia yang dikawal oleh Robin Olsen.

Pelatih timnas Portugal Fernando Santos mengakui timnya kesulitan pada babak pertama. Meski demikian, anak asuhnya mampu keluar dari tekanan.

“Selama 20 menit pertama kami sedikit kesulitan, kami tidak bisa menghadapi cara mereka bermain," katanya seperti dilansir laman resmi UEFA, Rabu (9/9). 

"Kemudian, kami berusaha improvisasi dengan lebih menguasa bola dan memaksa Swedia mengejarnya. Itu membuat usaha kami lebih mudah," lanjutnya.

Baca juga: Ronaldo Berjarak Delapan Gol Dari Rekor Ali Daei

Dua gol yang dicetak Ronaldo membuat penyerang Juventus itu telah mengoleksi 101 gol dari 165 penampilan bersama timnas Portugal. Sebuah catatan bersejarah, ia menjadi pesepakbola pria kedua yang sanggup meraih 100 gol di level internasional.

Ia hanya terpaut delapan gol dari legenda Iran, Ali Daei (109), dalam daftar pencetak gol terbanyak di level internasional kategori sepak bola pria.

“Sebuah kebanggaan yang luar biasa usai mencetak gol bersejarah bagi tim nasional kami!" tulis Cristiano Ronaldo dalam caption unggahan di Instagram pribadinya.

"Ketika mereka mengatakan pada saya bahwa saya bisa mencapai 100 gol, saya berkata itu tak cukup... 101 gol untuk Portugal," ungkapnya.

Sementara itu, kemenangan atas Swedia membuat Portugal tetap berada di puncak klasemen UEFA Nations League 2020-2021 Grup A3 dengan koleksi enam poin. Portugal unggul selisih gol atas Prancis yang pada pertandingan lain meraih kemenangan 4-2 atas Kroasia.(UEFA/OL-5)

BERITA TERKAIT