09 September 2020, 09:30 WIB

Osaka Melaju ke Semifinal AS Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Juara Amerika Serikat (AS) Terbuka 2018 Naomi Osaka melaju ke semifinal AS Terbuka untuk kedua kalinya sepanjang kariernya. Dia berhasil mengalahkan petenis tuan rumah Shelby Rogers dengan menang dua set langsung 6-3, 6-4 pada Rabu (9/9).

Dalam pertarungan yang sengit, pemain peringkat 9 dunia Osaka sukses memperbaiki rekor head-to-head-nya melawan Rogers setelah kalah dalam tiga pertandingan sebelumnya melawan petenis AS tersebut.

"Sejujurnya, saya hanya merasa dia berada di atas angin karena saya tidak pernah mengalahkannya," ucap Osaka.

"Dan kenangan (kekalahan) itu melekat di kepala. Jadi, saya menganggap ini sedikit balas dendam," imbuhnya.

Baca juga: Brady Kantongi Satu Tempat di Semifinal AS Terbuka

Osaka membutuhkan waktu 79 menit untuk mengamankan tempatnya di semifinal, dalam pertandingan yang sengit itu.

"Saya sangat senang bisa memiliki sikap positif yang jauh lebih baik hari ini," tuturnya.

Pada pertandingan tersebut, Rogers sempat berhasil keluar dari hole 0-30 saat skor 2-1. Kemudian dia terlibat dalam gim servis panjang saat skor 3-2. Namun, Osaka berhasil mengamankan skor tersebut lewat pukulan datar.

Dalam permainan delapan menit, tiga duce Osaka akhirnya mengubah break point keduanya untuk memimpin 4-2. Tak ingin menyerah, Rogers secara mengejutkan mengejar Osaka yang memimpin 40-15 pada gim berikutnya. Dia melakukan pukulan forehand untuk mempersempit jarak skor hingga menjadi 4-3.

Osaka berusaha kembali fokus, untuk membukukan kemenangan di set pertama. Pukulan forehand Osaka yang luar biasa membuat Rogers melakukan kesalahan. Akhirnya Osaka unggul di set pertama dengan skor 6-3.

Osaka tampil mendominasi pada set kedua. Dia memaksa Rogers melakukan kesalahan untuk memimpin 2-1 pada set kedua. Osaka sangat tidak bisa ditembus saat melakukan servis hingga membuat upaya Rogers untuk bangkit semakin tidak mungkin terjadi.

Pada kedudukan 5-4, sebuah ace dengan cepat membawa petenis keturunan Haiti-Jepang itu pada kemenangan ke triple match point. Osaka berhasil mengamankan pertandingan melalui pukulan forehand Rogers yang melebar ke luar garis lapangan untuk mengakhir pertandingan.

Berkat kemenangan tersebut, Osaka akan menantang petenis AS lainnya, Jennifer Brady di babak semifinal.

Selama bertanding di turnamen AS Terbuka, Osaka menggunakan masker kain berwarna hitam bertuliskan korban ketidakadilan rasial. Pada pertandingan ini, ia memakai masker bertuliskan George Floyd, pria kulit hitam yang tewas di tangan polisi pada Mei lalu. (WTA/OL-14)

BERITA TERKAIT