09 September 2020, 07:58 WIB

Sumba Siap Jadi Pemasok Listrik Tenaga Surya untuk Jawa


Ferdinandus Rabu | Nusantara

MEMILIKI cuaca panas terbaik di Indonesia, Pulau Sumba bakal menjadi daerah pemasok listrik energi baru terbarukan dengan menggunakan tenaga surya. Hal ini ini diungkapkan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat saat menggelar kunjungan kerja (kunker) di Pulau Sumba pada tanggal 6-9 September 2020.
Dihadapan sejumlah bupati di Pulau Sumba, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat memastikan rencana pembangunan megaproyek energi listrik tenaga matahari di Pulau Sumba yang akan menjadi pemasok listrik hingga ke Pulau Jawa. 

Menurut Viktor, rencana pembangunan energi listrik tenaga matahari ini merupakan salah satu energi terbarukan yang bakal dipakai di masa depan seluruh dunia. Energi matahari digunakan karena ramah lingkungan.

"Lima tahun lagi, produk-produk listrik yang dihasilkan dari energi listrik berbahan baku fosil tidak akan diterima lagi dan ditolak di dunia. Di berbagai belahan dunian, Amerika dan Eropa sudah serius dengan hal ini. Untuk itu, di Indonesiai nanti energi terbarukan yang paling cepat adalah panas matahari. Dan panas yang paling baik di Indonesia untuk tenaga matahari adalah di Pulau Sumba," kata Viktor, Selasa (8/9).

Pihaknya telah meminta para ahli untuk meneliti kondisi cuaca ini di wilayah NTT yang tepat dan memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga matahari.Viktor  berjanji akan segera menemui presiden dan menyampaikan hal ini.

"Sudah ada hasil penelitiannya. Dengan para peneliti sudah selesai. Hasilnya, panas di Sumba itu sempurna. Ini kata para ahli, bukan kata gubenur. Jadi kita akan bangun listrik tenaga matahari di Sumba. EnergI listrik matahari yang bisa dihasilkan di Sumba sebesar 20 ribu mega. Tahap pertama dibangun 2.000 mega, dan seterusnya hingga 20 ribu mega. Kabelnya bawah laut, menuju ke Labuan Bajo dan seterusnya hingga ke Jawa. Karena itu saya akan bertemu dengan presiden untuk menyampaikan, kami orang Sumba siap untuk menjadi pemasok seluruh energi terbarukan menggunakan tenaga surya untuk Pulau Jawa," ungkap Viktor.

baca juga: Restorasi Kawasan Bekas Tambang Grasberg Jadi Area Konservasi

Gubernur meminta seluruh warga Sumba untuk mendukung rencana ini, demi kemajuan Pulau Sumba ke depannya. Ia berharap warga tidak menjual tanah ke orang luar.

"Jika nanti dibangun pembangkit listrik tenaga surya, dan bisa menjadi pemasok di Sumatra dan Jawa, maka dipastikan Pulau Sumba akan melesat maju. Sehingga saya harap orang Sumba dukung rencana ini dengan menyiapkan lahan agar rencana pembangunan itu terwujud. Kalau energi listrik tenaga surya itu jadi, maka masalah listrik selesai. Listrik dari Sumba kita jual hingga ke Jawa dan Sumatra. Saya minta warga Sumba jangan jual tanah ke orang luar," tegas Viktor. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT