09 September 2020, 02:20 WIB

Berdayakan Warga Penyandang Disabilitas


(DW/N-3) | Nusantara

MUSI Banyuasin, Sumatra Selatan, menjadi salah satu daerah yang memberi perhatian terhadap nasib penyandang disabilitas.

Salah satunya dengan mendorong para disabilitas itu memiliki keterampilan. “Mereka perlu mendapat perhatian lebih sehingga bisa berkiprah dalam dunia kerja.

Kami memilih memaksimalkan upaya pemberdayaan untuk menjadikan mereka tenaga kerja siap pakai,” kata Sekretaris Daerah Apriyadi, kemarin. Tahun ini program sudah digelar.

Pemkab merangkul SKK Migas Perwakilan Sumsel dan perusahaan kontraktor kontrak kerja sama. Ketiga lembaga melakukan pemberdayaan, pembinaan, dan pelatihan, sekaligus penempatan tenaga kerja bagi disabilitas.

Tidak hanya sebagai tenaga kerja siap pakai, tapi juga yang memilih kewirausahaan. Apriyadi menjelaskan kerja sama juga dilengkapi dengan rekrutmen tenaga kerja dengan perusahaan KKKS, termasuk perusahaan mitra atau subkontraktor.

Pelatihan difokuskan pada peningkatan kompetensi SDM calon tenaga kerja dan kewirausahaan melalui pemanfaatan dana CSR. Kepala SKK Migas Sumsel Adiyanto Agus Handoyo menyambut baik kerja sama ini. “Kami siap bekerja, memberikan kontribusi positif demi masyarakat Musi Banyuasin, terutama saudara-saudara kita penyandang disabilitas.” (DW/N-3)

BERITA TERKAIT