08 September 2020, 23:19 WIB

Kembali Telan Kekalahan, Timnas U-19 Dihajar Kroasia 1-7


Akmal Fauzi | Sepak Bola

TIM Nasional sepak bola U-19 Indonesia kembali menelan kekalahan dalam ajang International U19 Friendly Tournament 2020. Bertanding di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9), skuad asuah Shin Tae-yong dihajar 1-7 oleh Kroasia.

Dalam laga ini, Shin Tae-yong mempertahankan formasi yang digunakan di laga pertama saat kalah 0-3 dari Bulgaria, yakni 4-4-2 dengan tetap memasang duet Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari di barisan depan.

Permainan Timnas Indonesia U-19 cukup mengejutkan di awal pertandingan. Witan Sulaeman dan kawan-kawan berani tampil menyerang dan cukup militan meladeni Kroasia yang telah merengkuh dua kemenangan dalam dua laga beruntun.

Tendangan keras Irfan Jauhar di menit ke-11 hampir membuka keunggulan Garuda Muda. Namun, tendangannya hanya membentur mistar gawang.

Anak-anak muda Indonesia terus membangun serangan dengan lebih ngotot. Namun, justru lini belakang lengah. Tiga gol dari Kroasia tercipta di babak pertama oleh Filip Zrilic (26'), Arijan Brkovic (31'), dan Marco Boras (44').

Baca juga : Alfred Riedl dan Kenangan Dua Partai Final

Di babak kedua, permainan Indonesia tidak banyak berubah. Garuda muda masih sering kehilangan bola saat membangun serangan. Baru berjalan dua menit, tendangan Antonio Marin merobek gawang Adi Satryo.

Indonesia semakin tertinggal. Di menit 67' Zdunic menambah keunggulan tuan rumah setelah tembakannya masuk ke gawang.

Di menit 73' akhirnya Garuda Muda bisa merobek jala gawang lawan lewat tembakan Bagas Kaffa. Namun, selang semenit, Antonio Marin mencetak Brace ke gawang Adi Satryo.

Pada menit ke-89, Mochammad Supriadi menerima kartu kuning kedua setelah melanggar salah satu pemain Kroasia di kotak terlarang timnas U19. Hadiah penalti bagi Kroasia. Ivan Brnic yang menjadi algojo sukses mengubah kedudukan menjadi 7-1. Gol tersebut menutup pertandingan. (OL-7)

BERITA TERKAIT