08 September 2020, 22:56 WIB

Seorang Bakal Cawabup Sidoarjo Positif Covid-19


Heri Susetyo | Nusantara

SALAH satu bakal calon wakil bupati Sidoarjo, Jawa Timur yang sudah mendaftar ke KPU Sidoarjo, Jumat 4/9) lalu, ternyata positif covid-19. Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M Iskak mengatakan diketahuinya hal tersebut setelah dilakukan verifikasi berkas persyaratan yang diserahkan.

Pihak penghubung paslon, kata Iskak, saat itu juga sempat ditanya oleh petugas KPU. Dan penghubung paslon juga membenarkan sesudah verifikasi tersebut.

"Kita tahu kalau yang bersangkutan positif sesuai hasil tes swab yang dibawa, setelah petugas melakukan verifikasi administrasi," kata Iskak, Selasa (8/9).

Setelah diketahui positif covid-19, yang bersangkutan langsung diminta petugas melakukan isolasi mandiri. Namun Iskak tak bersedia menyebut nama bakal cawabup itu. "Tidak etislah sebut nama," kata Iskak.

Meskipun statusnya positif covid-19, hal itu tidak menggugurkan syarat bakal calon dalam pilkada Sidoarjo. Bakal cawabup yang terpapar covid 19 tersebut harus isolasi memulihkan kesehatannya. Yang bersangkutan baru boleh melakukan kegiatan di luar apabila hasil tes swab ulang menunjukkan sudah negatif. (R-1)

 

BERITA TERKAIT