08 September 2020, 22:21 WIB

Pengelola Harus Ajukan Proposal Pembukaan Kembali Bioskop


Hilda Julaika | Megapolitan

RENCANA pembukaan bioskop di DKI Jakarta masih dalam tahap kajian. Namun, Anggota dari Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Dedi Wijaya mengatakan, nantinya saat bioskop secara resmi boleh dibuka akan ada aturan khusus.

Artinya bioskop tidak serta-merta dibuka bebas. Melainkan harus berdasarkan pengajuan dari pemilik masing-masing bioskop.

“Kami punya kajian kerja sama juga dengan BNPB memang ada arah bioskop bisa dibuka. Tapi metodenya tidak asal dibuka saja seperti mall. Namun, harus berdasarkan pengajuan dari pengusaha bioskop,” kata Dedi dalam Diskusi Pembukaan Kembali Bioskop secara virtual, Selasa (8/9).

Nantinya, sambung Dedi, para pengusaha diminta berinisiatif untuk mengajukan proposal pembukaan bioskop ke Pemprov DKI. Di dalamnya akan memaparkan berkaitan dengan pengaturan bioskop hingga penerapan protokol kesehatan di bioskop.

Kemudian dari tim gabungan yang dari sektor pariwisata dan kesehatan akan meninjau proposal. Setelah itu, barulah dikeluarkan rekomendasi hasil review proposal.

Baca juga : APROFI: Penonton Bioskop Harus Rapid Tes dan Sehat

“Dari pengusaha diminta mengajukan proposal ke Pemprov DKI dan yang akan mengecek ada tim gabungan dari sektor pariwisata dan kesehatan,” jelasnya.

Untuk itu, menurutnya pelaku usaha bioskop perlu untuk melakukan kajian yang sangat rinci. Dari mulai kesiapan, protokol kesehatan, hingga sisi bisnisnya yang bisa menjamin rasa aman bagi penonton.

“Pengusaha perlu kajian yang lebih rinci karena dari bisns harus yakin ini bisa profitable dan bisa menjamin rasa aman dari customer,” imbuhnya.

Di sisi lain, Dedi menegaskan, rencana pembukaan bioskop dan perkembangaannya ke depan akan sangat dinamis melihat kondisi kasus covid-19. Karena aspek kesehatan tetap menjadi aspek utama di tengah pandemi wabah covid-19 ini.

“Kita harus meletakkan ini dalam konteks pengembangan kasus covid-19 yang memang dinamis. Kita bersiap-siap pembukaan bioskop ini nantinya approval untuk berlangsungnya harus sangat berkaitan dengan keadaan kasus saat ini dan aspek-aspek kesehatan,” tegasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT