08 September 2020, 20:50 WIB

Hutan Kawasan Gunung Tangkuban Parahu Kebakaran


Depi Gunawan | Nusantara

KEBAKARAN melanda hutan di area Gunung Tangkuban Parahu pada Selasa (8/9) sekitar jam 18.20 WIB. Belum diketahui luas area yang terbakar serta penyebab kebakaran.

Polisi hutan, polisi teritorial dibantu lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) serta relawan masyarakat peduli api saat ini sedang menuju lokasi kebakaran.

"Anggota dan masyarakat sedang naik ke atas, jadi belum dapat informasi titik koordinat apinya karena sinyal di sana sangat terbatas," kata Kepala Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin saat dihubungi, Selasa (8/9).

Dia menduga, lokasi kebakaran berada di kaki gunung Tangkuban Parahu. Namun, Komarudin mengaku, harus dicek terlebih dahulu apakah area yang terbakar berada di kawasan Perhutani ataukah BKSDA.

"Laporan awal dari warga yang menyampaikan kepada petugas lapangan. Tapi mereka belum bisa dimonitor, lagi di perjalanan mungkin, soalnya terkendala sinyal," bebernya.

Dia menjelaskan, upaya pertama yang dilakukan adalah segera memadamkan kobaran api di lokasi agar tidak meluas. "Nanti kami laporkan waktu kejadian, luas area yang terbakar, penyebabnya. Nanti lengkap lah," ujarnya.

Salah seorang relawan SAR Pasundan, Asep Koswara memperkirakan lokasi kebakaran di sekitar Blok Tower puncak Tangkuban Parahu. Dia menyebutkan, kawasan ini rawan terjadi kebakaran saat musim kemarau.

"Sekarang sedang persiapan menuju lokasi, tetapi untuk menuju ke lokasi tidak bisa diakses oleh kendaraan. Harus manual, jalan kaki," ucap Asep. (OL-13)

Baca Juga: Penularan Klaster Rumah Tangga Meningkat di Jakarta

 

BERITA TERKAIT