08 September 2020, 17:30 WIB

Paslon Gubernur-Wagub Kalteng Jalani Tes Kesehatan


Surya Sriyanti | Nusantara

USAI mendaftar di KPU Kalteng pada 4-6 September lalu, hari ini, Rabu (8/9),  dua pasang calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Sugianto Sabran - Edy Pratowo dan Ben Brahim S Bahat - Ujang Iskandar melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya selama dua hari , (8-9 September 2020).

Menurut Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, pemeriksaan kesehatan ini adalah ketentuan yang harus dilakukan oleh bakal calon. Dimana salah satu syarat bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah  harus sehat jasmani dan rohani juga bebas dari narkotika.

Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan  berlangsung selama dua hari (8-9 September) ini dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng , Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalteng.

"Jadi pemeriksaan kesehatan adalah syarat mutlak yang harus dilakukan oleh bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," jelas Harmain.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari tahapan pilkada dimana kedua bakal calon gubernur dan wakil gubernur akan dites psikologi, narkoba ,gula darah dan lainnya, jelas dia.

Pilkada serentak dilaksanakan pada 9 Desember mendatang, hingga penutupan pendaftaran yang mendaftarkan diri hanya dua paslon. Yakni, petahana Sugianto Sabran dan Edy Pratowo yang diusung oleh PDIP, Golkar, NasDem, PAN, PPP, PKS, Perindo dan PKB. Dan pasangan Ben Brahim S Bahat- Ujang Iskandar yang  diusung oleh Partai Demokrat, Gerindra dan Hanura. (OL-13)

BERITA TERKAIT