08 September 2020, 14:25 WIB

Pemkab Muba Komitmen Berdayakan Penyandang Disabilitas


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menilai penyandang disabilitas perlu mendapat perhatian lebih untuk berorientasi dalam dunia tenaga kerja. Untuk itu, Pemkab Muba memaksimalkan upaya pemberdayaan bagi penyandang disabilitas untuk menjadi tenaga kerja siap pakai.

Sekertaris Daerah Muba, Apriyadi mengatakan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan SKK Migas Perwakilan Sumsel dan Perusahaan KKKS. Dimana mereka akan melakukan pemberdayaan, pembinaan, pelatihan dan penempatan tenaga kerja bagi penyandang disabilitas baik untuk tenaga kerja siap pakai dan kewirausahaan.

"Salah satu poin penting yang akan dikerjasamakan nantinya yakni untuk melakukan pemberdayaan, pembinaan, pelatihan dan penempatan tenaga kerja Penyandang Disabilitas baik untuk tenaga kerja siap pakai dan kewirausahaan," ungkap Apriyadi, Selasa (8/9).

Ia menjelaskan, kerjasama rekrutmen tenaga kerja dengan Perusahaan KKKS termasuk dengan perusahaan yang menjadi mitra (subkontraktor). Kerjasama pelatihan peningkatan kompetensi SDM calon tenaga kerja dan kewirausahaan melalui pemanfaatan dana CSR.

"Lalu kerjasama dalam bidang pemanfaatan dana CSR untuk pelatihan peningkatan kompetensi SDM khusus minyak dan gas yang dilaksanakan oleh BLK-Disnaker dan Perusahaan KKKS," ujarnya.

Selain itu, kerjasama pemagangan bagi seluruh peserta pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-Disnaker Muba maupun pelatihan yang dikerjasamakan dengan Perusahaan KKKS.

"Ini semua merupakan komitmen Pemkab Muba untuk meningkatkan serapan tenaga kerja lokal di Muba serta memberdayakan penyandang disabilitas untuk menjadi tenaga kerja siap pakai," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Sumsel Adiyanto Agus Handoyo menyambut baik Kerjasama ini dan siap untuk melakukan kerjasama bersama Pemkab Muba. "Kami menyambut baik rencana ini dan sangat memberikan kontribusi positif demi masyarakat Muba," pungkasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT