08 September 2020, 13:45 WIB

DKI Uji Coba Bus Listrik untuk Tingkatkan Ketertarikan Warga


Hilda Julaika | Megapolitan

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan uji coba bus listrik. Hal ini dilakukan utamanya untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Jadi kita sedang lakukan uji coba bus listrik. Yang paling penting dari uji coba ini tentu kami ingin meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum dengan kelebihan yang ditawarkan bus listrik ini,” ujarnya dalam Workshop “Kesiapan Industri Electric Vehicles” secara virtual, Selasa (8/9).

Baca juga: Implementasi Bus Listrik Diharap Jangan Hangat–Hangat Tahi Ayam

Hal penting lainnya dari uji coba bus listrik yakni untuk memetakan keberlanjutan kendaraan ini. Sehingga akan diketahui cara operasional bus yang baik, total biaya operasional, kendala-kendala yang dijumpai, hingga cara-cara mitigasi ke depannya.

“Saat ini di Jakarta sedang dilakukan uji coba bus listrik sebagai angkutan umum, uji cobanya trayek Balkot-Blok M. Diharapkan melalui uji coba ini dapat diketahui hasil yang positif yakni, cara operaisonal bus listrik yang baik, total cost operational, kendala-kendala, dan cara-cara mitigasinya ke depan,”ungkapnya.

Pemprov DKI pun bekerja sama dengan sejumlah stakeholders untuk melakukan kajian implementasi kendaraan listrik. Hasil dari kajian ini akan diarahkan pada pedoman dalam implementasi kendaraan listrik di ibu kota.(OL-5)

BERITA TERKAIT