08 September 2020, 11:45 WIB

Jokowi Dukung BPK Periksa Laporan Keuangan Penanganan Covid-19


Nur Azizah | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo mendukung pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam penanganan covid-19 yang dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Menurutnya, pemeriksaan ini bisa membantu pemerintah mencarikan solusi dalam menangani masa kritis.

"Kami mendukung pemeriksaan ini dilakukan segera agar pemeriksaan ini mendukung pelaksanaan kegiatan untuk menemukan solusi bagi cara-cara baru yang lebih baik dalam menangani krisis," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (8/9).

Jokowi menyebut pemeriksaan ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga keuangan lainnya. Selain itu, pemeriksaan tata kelola keuangan bagian dari transparansi pemerintah.

Baca juga: BPK Periksa Pengelolaan Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi

"Kami mendukung langkah BPK atas pengelolaan keuangan negara dalam penanganan covid-19 secara transparan akuntabel dan efektif," ujarnya.

Siang ini, BPK menggelar Kick Off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam Pandemi. Acara digelar di Istana Negara dan dihari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam acara tersebut, Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan prinsip tata kelola yang baik seperti transparansi dan akuntabilitas harus tetap diterapkan meski dalam masa pandemi.

"Dalam kondisi apapun, kita wajib patuh terhadap ketentuan perundang-undangan," kata Agung. (OL-1)

BERITA TERKAIT