08 September 2020, 09:44 WIB

Pemerintah Sediakan Bus Gratis di Bali, Ini Rutenya


Insi Nantika Jelita | Nusantara

KEMENTERIAN Perhubungan menyediakan layanan bus gratis di Bali. Layanan tersebut akan melengkapi pelayanan Trans Sarbagita yang sudah ada sebelumnya.

"Untuk di Bali, kami hadirkan sebanyak 105 unit dan terbanyak dibandingkan Solo maupun Palembang,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan resmi, Senin (7/9)

Ada empat koridor yang dilalui bus tersebut. Budi mengatakan saat ini masih melayani 1 Koridor terlebih dahulu yakni Koridor 2. Diharapkan koridor 1, 3, dan 4 segera beroperasi penuh pada Oktober 2020.

Baca juga: Bandara Internasional RHF Tanjung Pinang Diusulkan Turun Kelas

Ia juga menjelaskan, bus tipe sedang itu berkapasitas 40 penumpang dengan tipe low entry dan high deck. Bus tersebut juga dilengkapi oleh area untuk penumpang disabilitas berkursi roda.

“Untuk sementara hingga Desember 2020, penggunaan Teman Bus ini masih gratis," terang Budi.

Selanjutnya, pemerintah akan lakukan kajian ability to pay di masyarakat sekitar. Budi mengharapkan adanya bus gratis di Bali bisa lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik.

"Seperti arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami akan usahakan untuk memberi subsidi jangka panjang hingga 5 tahun ke depan. Program ini adalah sebagai langkah awal implementasi dari program Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung di bus yang lebih baik," pungkas Budi.

Berikut empat koridor bus gratis di Provinsi Bali :

  • Koridor 1: Terminal Pesiapan–Central Parkir Kuta Badung (PP) dengan panjang koridor 58,40 KM
  • Koridor 2: GOR Ngurah Rai–Bandara Ngurah Rai dengan Panjang Koridor 33,40 KM (sudah aktif)
  • Koridor 3: Pantai Matahari Terbit–Dalung (PP) dengan panjang koridor PP dengan Panjang koridor 30,34 KM
  • Koridor 4: Terminal Ubung – Sentral Monkey Forest dengan Panjang koridor 61,70 KM. (OL-1)
BERITA TERKAIT