08 September 2020, 09:26 WIB

Tunangan Kecam Pembatalan Vonis Mati Pembunuh Khashoggi


Basuki Eka Purnama | Internasional

TUNANGAN wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, Senin (7/9), mengecam keputusan pengadilan Arab Saudi yang membatalkan vonis mati terhadap lima orang yang disebut bertanggung jawab atas pembunuhan Khashogi pada 2018.

"Keputusan pengadilan pada hari ini di Arab Saudi merupakan ejekan bagi keadilan," ujar Hatice Cengiz lewat Twitter. "Komunitas internasional tidak akan menerima keputusan itu.

Keputusan pengadilan Arab Saudi itu muncul setelah pada Mei lalu putra Khashoggi menyatakan keluarga telah memaafkan para pembunuh. Hal itu membuka jalan bagi para terdakwa untuk mendapatkan vonis yang lebih ringan.

Baca juga: Beijing Tuduh India Lepaskan Tembakan dalam Sengketa Perbatasan

Nama lima orang terdakwa itu tidak disebutkan dalam keputusan pengadilan yang disebut telah final itu.

"Pengadilan Arab Saudi menutup kasus ini tanpa dunia tahu siapa yang bertanggung jawab atas pembunuh Jamal," kata Cengiz.

"Siapa yang merencanakan, siapa yang memerintahkan, dimana jenazahnya? Itu adalah pertanyaan penting yang hingga kini tidak terjawab," imbuhnya.

Khashoggi, 59, yang merupakan wartawan Washington Post dibunuh di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 ketika dia mengurus dokumen menjelang pernikahannya dengan Cengiz. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT