08 September 2020, 09:05 WIB

Beijing Tuduh India Lepaskan Tembakan dalam Sengketa Perbatasan


Faustinus Nua | Internasional

BEIJING menuduh pasukan India telah melanggar perjanjian bilateral dan melepaskan tembakan ke udara selama konfrontasi dengan personel Tiongkok di perbatasan yang disengketakan, Senin (7/9). Hal itu meningkatkan ketegangan baru antara kedua negara Asia tersebut.

Zhang Shuili, juru bicara komando barat militer Tiongkok, Selasa (8/9) pagi, mengatakan penjaga perbatasan Tiongkok berusaha meredakan konfrontasi dengan India. Mereka mengambil tindakan pencegahan untuk menstabilkan situasi.

Pernyataan itu tidak menjelaskan tindakan apa atau apakah pasukan Tiongkok juga melepaskan tembakan peringatan.

Baca juga: IS Klaim Penikaman Perwira Militer di Tunisia

"Kami meminta pihak India segera menghentikan tindakan berbahaya dan secara ketat menyelidiki serta menghukum personel yang melepaskan tembakan untuk memastikan bahwa insiden serupa tidak terjadi lagi," kata Zhang dalam pernyataan itu.

Kedua belah pihak telah mematuhi protokol lama untuk menghindari penggunaan senjata api di perbatasan dataran tinggi yang sensitif di Himalaya barat. Tetapi, perjanjian itu tidak dapat mencegah adanya korban.

Sebelumnya, 20 tentara India tewas dalam pertempuran jarak dekat pada Juni lalu. Insiden itu menyebabkan Tiongkok dan India mengerahkan pasukan tambahan di sepanjang perbatasan. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT