07 September 2020, 22:10 WIB

Warkop dengan Wifi Bisa Ikut Perluas Akses Internet


Gana Buana | Humaniora

KEBERADAAN warung kopi kekinian kini lekat dengan ketersediaan akses internet nirkabel (wifi) yang jadi incaran orang untuk berlama-lama di warung kopi. Hal itu juga yang jadi salah satu tujuan dalam inisiasi Satu Warung Kopi Satu Desa yang digagas oleh Bencoolen Coffee.

Inisiasi itu dianggap cocok dengan kondisi saat ini yang membuat warga diimbau untuk lebih banyak beraktivitas di rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga belajar dan bekerja kini membutuhkan jaringan internet untuk bisa saling terkoneksi.

Pada gelombang 7 Kartu Prakerja, Bencoolen Coffee menargetkan bisa membangun satu Warung Kopi Digital di satu desa. Masyarakat yang ingin mendirikan Warung Kopi Digital ini pun tak perlu gelisah dengan modal usaha yang harus dirogoh karena bisa dimulai dari modal Rp5 juta saja.

Mentor Barista Bencoolen Coffee Ade Hilman Susanto mengatakan, keberadaan warung kopi digital ini ditargetkan bisa membantu desa-desa di Indonesia yang masih sulit dengan akses internet. Sebab wifi bersama yang ada di Warung Kopi Digital bisa dimanfaatkan oleh murid-murid sekolah yang kehabisan kuota untuk belajar online.

"Hanya dengan pembelian minuman kopi minimal Rp10.000, konsumen Bencoolen Coffee bisa sepuasnya menikmati Wi-Fi bersama tanpa batas waktu," jelas Ade dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/9).

baca juga : Bencoolen Coffee Targetkan ada Barista di Tiap Desa

Ade mengatakan, usaha minuman kopi yang tengah digemari oleh masyarakat luas menjadi salah satu alasan mengapa usaha Kopi Kekinian akan menjadi pilihan yang paling bagus untuk berwirausaha. Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan fasilitas Kartu Prakerja atau yang sedang mengajukan permohonan gelombang 7 bisa berkesempatan untuk melakukan pengembangat diri secara gratis.

"Salah satu tujuan pemerintah Indonesia menerbitkan program Kartu Prakerja adalah untuk membangun sumber daya manusia yang unggul. Guna menjawab harapan pemerintah itu, Bencoolen Coffee muncul dengan gagasan Warung Kopi Digital di setiap desa," jelas dia lagi.

Seperti yang diketahui, informasi tentang pelatihan wirausaha kopi the Bencoolen Coffee bisa ditengok di prakerja.bencoolencoffee.com atau bisa juga diakses lewat situs maubelajarapa.com/sekolahmu.com dan pijarmahir.com. (OL-7)

BERITA TERKAIT