08 September 2020, 07:30 WIB

Jasa Kiriman Makin Moncer, Ini Dia Layanan Terbaru Pos Indonesia


mediaindonesia.com | Humaniora

Permintaan akan jasa pengiriman barang saat pandemi tercatat mengalami kenaikan. Hal ini akibat keterbatasan masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah. Tingginya permintaan ini juga tak lepas dari banyaknya inovasi dan kemudahan yang ditawarkan penyedia jasa kurir dan logistik.

Salah satu layanan kurir yang patut diapresiasi adalah inovasi PT Pos Indonesia (Persero). BUMN ini terus melakukan penyesuaian layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar masa kini. Di mana kecepatan, kemudahan, keamanan, dan tarif jasa kiriman yang kompetitif menjadi patokan pengembangan layanan PT Pos Indonesia.

Inovasi layanan kurir terbaru yang diluncurkan Pos Indonesia kali ini adalah Quick International Xpress (QIX) untuk jasa kiriman luar negeri dan Q9+ (kyunineplus) untuk jasa kirim di dalam negeri. Kedua layanan terbaru Pos Indonesia ini didesain untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan kurir.

Vice President Product Management and Marketing PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta mengatakan, Quick International Xpress atau QIX dibuat untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan layanan pengiriman ke luar negeri baik dokumen ataupun barang. Layanan ini didesain membantu masyarakat mengirim dan menerima barang agar jauh lebih mudah.

"QIX adalah layanan kiriman premium yang mengedepankan waktu tempuh dan keamanan kiriman internasional. Product service ini diharapkan dapat menunjang pelaku bisnis merambah pangsa pasar internasional, sehingga mempercepat proses pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19," jelas Tata.

Menariknya, QIX akan memiliki tiga kategori pilihan untuk Standar Waktu Penyerahan (SWP), untuk tahap awal  Nextday Services, dan Time Certain Delivery (TCD) untuk jangka waktu pengiriman 2 hingga 5 hari dan nantinya akan dipersiapkan juga kiriman dengan standar waktu penyerahan sameday, jadi kiriman akan dapat diterima pada hari yang sama.

Tata menegaskan, untuk negara-negara favorit  seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam, masyarakat sudah bisa mengirimkan paket dalam 2 hari. Selain itu masih ada sekitar 20 negara lainnya yang secara bertahap akan dapat menerima paket dalam 3-4 seperti negara-negara Eropa, Prancis, Jerman, Swiss, Denmark, United Kingdom sampai negara Timur Tengah, seperti UAE, bahkan sampai Afrika selatan.

Walaupun selama pandemi layanan kiriman Sameday belum dibuka, mengingat masih belumm pulih dan normalnya angkutan Udara khususnya internasional sebagai dampak covid -19, pada saat nya kondisi normal   nantinya, untuk kiriman sameday service akan diterima dengan batas penerimaan kiriman menggunakan QIX sampai dengan pukul 16.00, dan  barang bisa sampai pukul 24.00.

Layanan ini juga nantinya akan tersedia di kantor-kantor pos Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Ujungberung, dan Cimahi.

PT Pos Indonesia juga memberikan money back guarantee untuk menjamin kualitas layanan premium ini, dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. ''Saat masyarakat membawa kiriman ke kantor-kantor pos yang telah menyediakan layanan ini, pada setiap kiriman harus dicantumkan nomor telepon penerima dan pengirim, isi kiriman dan nilai barang,'' jelas Tata.

Soal tarif, Tata menjelaskan bahwa tarif QIX ditetapkan dengan sangat kompetitif, di mana tarif dihitung dengan harga per 500 gram, bobot lebih dari 500 gram akan dihitung tarif 1 Kg, tambahnya. Untuk paket non dokumen, batasan berat barang yang dikirimkan, mulai dari 500 gram hingga bobot 30 kg sesuai ketentuan. "Selama masa promo hingga akhir Desember 2020, kami bahkan memberikan tarif khusus. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Hotline Customer Services kami di Halopos 161," imbuhnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT