07 September 2020, 17:18 WIB

Filosofi Kacang Panjang Jadi Contoh Kebangkitan SDM Pertanian


mediaindonesia.com | Ekonomi

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, melakukan launching Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bersama Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, di Kantor BPP Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu.

Pada kesempatan yang sama, Dedi Nursyamsi mengikuti kegiatan panen padi dengan Wakil Bupati Pringsewu. Selama perjalanan menuju ke lokasi panen, Kepala BPPSDMP tertarik dengan galengan sawah yang ditanami bunga dan kacang panjang.  

Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa ini merupakan salah satu pemanfaatan galengan yang bagus. Selain ada padi, petani juga dapat tambahan penghasilan dari kacang panjang yang ditanam di galengan.

Baca Juga: Kementan Perkuat Peran Kostratani Sebagai Pembangunan Pertanian

“Ini kacang panjang luar biasa, panjangnya hampir 80 cm dengan diameter sekitar 1-2 cm, ini  jadi salah satu contoh kita memanfaatkan varietas yang berproduksi tinggi, ini sudah disebut kacang panjang, panjangnya juga luar biasa," tuturnya.

Dedi juga mengatakan, bila dikelola dengan baik meski ditanam di pinggir galengan kemudian di pupuk dan diberi lanjaran maka akan memberikan produktivitas tinggi dan mampu meningkatkan pendapatan petani. “Luar biasa petani-petani di Pringsewu ini," pujinya.

Dedi lantas menambahkan, keberhasilan pembangunan pertanian harus diawali dari kebangkitan SDM yang ada. Baik dari segi keterampilan maupun kreatifitasnya, khususnya para petani milenial.

Baca Juga: BPPSDMP Kementan Perkuat Peran Kostratani

Eksistensi generasi milenial ini juga ditegaskan kembali oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasil Limpo (SYL). “Kita harus mengajak generasi milenial terjun ke pertanian dengan semangat inovasi yang mereka miliki,” kata Mentan SYL.

Mentan SYL juga berharap dengan adanya Kostratani, petani dan penyuluh dapat mengakses segala kebutuhan informasi terkait sarana, prasarana, kelembagaan, dan informasi-informasi terkait  perkembangan ilmu pertanian terbaru sehingga petani dan penyuluh tetap up to date.

“Kostratani berada di tingkat kecamatan. Kostratani men-support dan terlibat langsung pada seluruh program Kementerian Pertanian. Kostratani juga sebagai pelaksana utama program strategis Kementa," katanya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT