07 September 2020, 17:15 WIB

4 ASN Positif Covid-19, Perpusnas Tutup Sementara Layanan Onsite


Atikah Ishmah Winahyu | Megapolitan

PERPUSTAKAAN Nasional (Perpusnas) menutup layanan secara onsite pada 5-12 September 2020, menyusul ditemukannya empat ASN tertular Covid-19. Pihak Perpusnas kemudian menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi seluruh pegawai yang berkantor di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta Pusat.

Sedangkan, keempat ASN yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini tengah melakukan isolasi secara mandiri, namun tetap dalam penanganan dan pemantauan tim kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah sesuai domisili yang bersangkutan. Demi mengantisipasi penyebaran Covid-19, Perpusnas melakukan sterilisasi gedung melalui penyemprotan disinfektan secara menyeluruh.

Baca juga: Waspada, Diare Salah Satu Gejala Covid-19

“Sesuai dengan prosedur protokol kesehatan penanganan covid-19, maka seluruh pegawai pada layanan perpustakaan akan diwajibkan PCR Swab Test. Untuk sementara waktu, aktivitas dilakukan pekerjaan dari rumah atau work from home, namun tetap memperhatikan sasaran kinerja dan target kerja," jelas Kepala Biro SDM dan Umum Perpustakaan Nasional Ahmad Masykuri dalam pernyataan tertulis, Senin (7/9).

Ahmad Masykuri menuturkan, sejak awal dibuka pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), Perpusnas telah menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap pengujung yang datang berkunjung ke fasilitas layanan perpustakaan, seperti pemakaian masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan pada wastafel yang telah disediakan, serta penyediaan hand sanitizer. 

Selain itu, gedung fasilitas layanan Perpusnas juga rutin disterilisasi secara berkala melalui penyemprotan disinfektan.

Rencananya, layanan perpustakaan akan dibuka kembali pada 14 September 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 3497/3/KPG.10.00/VI.2020 tentang Layanan Perpustakaan dalam Tatanan Normal baru. (OL-6)

BERITA TERKAIT