07 September 2020, 14:27 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, TPU Pondok Ranggon Krisis Lahan


Hilda Julaika | Megapolitan

BEBERAPA lahan pemakaman di Jakarta mulai penuh seiring dengan melonjaknya kasus meninggal akibat virus covid-19. Salah satunya Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon di Jakarta yang kini telah mengalami krisis lahan pemakanan.

Menurut salah satu petugas sebagai Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) bagian Gali Tutup Makam (GTM) Pondok Ranggon, Imang Maulana saat ini hanya tersisa satu lokasi. Lokasi lahan pemakanan ini sekaligus menjadi lokasi akhir yang tersisa untuk pemakanan.

“Terkait dengan sekarang meningkat kembali kedatangan jenazah covid-19. Yang jelas memang betul kiris dan tinggal hanya persiapan satu lokasi lagi, tahap akhir. Artinya lahan terakhir,” ujarnya saat dihubungi mediaindonesia.com, Senin (7/9).

Baca juga : Kebijakan Pemprov DKI tidak Signifikan Turunkan Kasus Covid-19

Lebih lanjut Imang mengatakan secara rata-rata terdapat 30 jenazah yang dimakamkan per harinya. Bahkan pada Sabtu (5/9) kemarin terdapat pemakanan jenazah yang mencapai 37 pemakanan dalam sehari. Adapun untuk hari ini, hingga siang pukul 13.00 menurutnya sudah ada 17 jenazah yang dimakamkan.

“Dengan rata-rata 30 jenazah yang dimakamkan dalam sehari diperkirakan lahan ini akan habis mungkin sekitar sebulan lagi,” imbuhnya.

Pihaknya pun tak memungkiri dengan lonjakan proses pemakaman jenazah, membuat para petugas TPU harus kerja ekstra. Terutama dalam menyiapkan atau membuat lubang makam. Cuaca yang panas pun membuat tekstur tanah keras sehingga harus direndam dulu oleh air.

“Yang paling berisiko memang tenaga kita diporsir sekali. Tapi kamu sudah ikhlas dan menyiapkan mental. Termasuk menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap,” pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT