07 September 2020, 07:19 WIB

Setahun Pascadidepak Red Bull, Gasly Menang di Balapan F1


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PIERRE Gasly meloncar kegirangan, Minggu (6/9), dan mengakui dirinya sangat gembira setelah meraih kemenangan pertamanya di balapan Formula 1, satu tahun sejak dia didepak Red Bull ke tim junior Alpha Tauri.

Gaya membalapnya yang keras kepala namun penuh skill mengantarkannya meraih kemenangan di GP Italia.

Ini merupakan kemenangan kedua tim yang sebelumnya bernama Minardi dan Toro Rosso sejak keikutsertaan mereka di ajang Formula 1 pada 1985.

Gasly, 24, gagal bersinar sebagai rekan setim Max Verstappen pada paruh pertama 2019 dan posisinya digantikan Alex Albon, Agustus tahun lalu.

Baca juga: Pierre Gasly Raih Podium Utama Perdananya di F1

"Saya merasakan banyak emosi selama 18 bulan terakhir," ujar Gasly.

Dia kemudian kembali ke Toro Rosso, tahun ini berubah nama menjadi Alpha Tauri, untuk mendapatkan kembali rasa percaya dirinya dan sukses finis kedua di GP Brasil sebelum berakhirnya musim lalu.

Tahun ini, dia tampil lebih baik dan pada Minggu (6/9), setelah sejumlah insiden termasuk tabrakan, penalti, dan safety car, Gasly meraih hasil yang mengejutkan dengan menjadi juara.

"Sejujurnya, saya tidak mempercayainya. Ini adalah balapan yang gila. Kami sukses memanfaatkan bendera merah. Mobil saya juga sangat cepat hari ini," ujar Gasly.

"Di podium pertama saya pada tahun lalu, saya sudah merasa luar biasa. Kini, di kemenangan pertama saya, bersama Alpha Tauri, di Monza, saya tidak bisa percaya," lanjutnya.

Gasly menjadi pembalap Prancis pertama yang memenangkan balapan Formula 1 sejak Olivier Panis di GP Monaco 1996. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT