07 September 2020, 03:40 WIB

Uber Moto-GP 2021, Proyek KSPN Mandalika Dikebut


Thomas Harming Suwarta | Ekonomi

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menggencarkan pembangunan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika, Lombok, dalam rangka mendukung rencana perhelatan Moto-GP 2021 di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, maupun perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki ialah infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9).

Pada prinsipnya pembangunan di KSPN Mandalika adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional.

Di bidang konektivitas, Kementerian PU-Pera melalui Direktorat Jenderal Bina Marga membangun jalan akses by pass Bandara International Lombok (BIL) dengan typical design overpass yang dibangun pada awal 2020. Panjang total jalan akses tersebut 17,4 kilometer (km) yang terdiri dari empat jalur dan lebar 50 meter dengan dua jalur cepat dan dua jalur lambat.

Sementara itu, melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PU-Pera tengah membangun saluran pengendali banjir KEK Mandalika sepanjang 5 km.

Untuk penataan kawasan, Kementerian PU-Pera melalui Ditjen Cipta Karya menata Kawasan Wisata di desa-desa yang berada di Mandalika, salah satunya Desa Kuta.

Pembangunan infrastruktur KSPN Mandalika bertujuan menjadikan wilayah di Nusa Tenggara Barat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata unggulan kelas dunia.

Hal itu sejalan juga dengan rencana pelaksanaan Moto-GP di Mandalika pada 2021 nanti, sekaligus upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2023. (Try/E-2)

 

BERITA TERKAIT