07 September 2020, 02:35 WIB

Momen Ajaib Mbappe di Friends Arena


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

TIM-TIM kuat di Liga A UEFA Nations League berhasil mendapatkan hasil yang baik di awal turnamen musim ini.

Tidak terkecuali timnas Prancis di Grup 3 yang meraih poin penuh meski hanya menang 1-0 atas timnas Swedia, kemarin WIB. Momen ajaib Kylian Mbappe berhasil membawa Prancis memperoleh kemenangan di akhir pertandingan yang berlangsung di Friends Arena, Solna, Swedia.

Mbappe mencetak golnya pada menit ke-42. Striker Paris Saint-Germain itu berhasil melewati hadangan dua pemain Swedia sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit untuk mencetak keunggulan bagi Prancis.

Prancis sejatinya memiliki satu peluang untuk menggandakan kedudukan lewat tembakan penalti Antoine Griezmann. Namun, hadiah wasit tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Tidak semua berakhir sempurna. Namun, sistem baru telah berjalan dengan baik. Kami sudah lebih baik dalam hal menyerang,” kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Di pertandingan kedua, Prancis akan menghadapi timnas Kroasia pada Rabu (9/9) dan pada saat yang sama Swedia akan melawan timnas Portugal. Swedia dan Portugal juga menghuni Grup 3.

Swedia diperkirakan akan cukup sulit mengalahkan Portugal yang kemarin baru saja mengalahkan Kroasia 4-1. Kemenangan didapat dengan mudah oleh Portugal meski tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo.

Dari Grup 2, Belgia juga mampu menjalani pertandingan pertama mereka dengan baik setelah sukses menaklukkan Denmark dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Telia Parken, Kopenhagen, kemarin.

Meskipun tak diperkuat Kevin De Bruyne yang absen untuk menyambut kelahiran anak ketiganya, Belgia tetap tampil agresif dengan melepaskan 11 percobaan tembakan sepanjang laga dengan lima di antaranya menemui sasaran. Dries Mertens kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-76. 


Tim berbeda

Dari Liga B Grup 2, timnas Republik Ceko tetap akan mengikuti pertandingan melawan Skotlandia. 

Namun, Republik Ceko akan menurunkan tim berbeda dengan yang mengalahkan Slovakia pada pekan lalu. Langkah itu diambil karena kekhawatiran atas covid-19, kata juru bicara timnas Republik Ceko.

Setelah berdiskusi dengan UEFA, Republik Ceko memutuskan untuk membentuk tim baru untuk menghadapi pertandingan melawan Skotlandia yang akan digulirkan di Olomouc, Republik Ceko, hari ini waktu setempat.

“Federasi sepak bola Ceko sekarang menjalin komunikasi dengan klub untuk memutuskan siapa yang akan bermain untuk tim nasional,” kata juru bicara Federasi sepak bola Ceko Michal Jurman.

Federasi sepak bola Skotlandia mengatakan mereka sudah mengetahui laporan terkait dengan pembatalan pertandingan, tetapi belum menerima pemberitahuan resmi dan akan meminta klarifikasi UEFA.

Skotlandia memulai pertandingan Nations League mereka dengan hasil imbang 1-1 lawan Israel pada Jumat dan dijadwalkan melakukan perjalanan ke Olomouc, kemarin. (Ant/AFP/R-3)

BERITA TERKAIT