06 September 2020, 13:01 WIB

Paslon Independen Samsuri-Toni Mendaftar di KPU Poso


Mitha Meinansi | Nusantara

SETELAH dinyatakan memenuhi syarat pemenuhan dukungan minimal sesuai ketetapan KPU Poso, petahana yang menjabat wakil bupati Poso, Samsuri mendatangi kantor KPU Poso untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2020. Samsuri datang bersama pasangan Toni Sowolino dengan menggunakan jalur perseorangan.
Samsuri mengaku puas atas pelayanan KPU Poso yang dinilainya sangat luar biasa.

Ia berterima kasih karena pesyaratan yang mereka bawa dinyatakan lengkap dan sudah diterima KPU serta Bawaslu. Selanjutnya, Samsuri bersama pasangannya Toni Sowolino akan mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya.

"Saya merasa puas atas pelayanan KPU yang sangat luar biasa, dan semua dinyatakan lengkap baik dari KPU dan Bawaslu. Saya mengucapkan terima kasih. Kami akan mengikuti tahapan selanjutnya," ujar Samsuri.

Keduanya tiba di kantor KPU Poso pada hari kedua pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan dan wakil bupati, Sabtu (5/9). Mereka diantar ratusan para pendukungnya. Namun, saat memasuki ruang pemeriksaan berkas syarat pencalonan, Samsuri-Toni hanya didampingi dua orang liaison officer (LO) atau tim penghubung.

baca juga: Ratusan Massa Antar Petahana Daftar ke KPUD Fakfak

KPU Poso menerapkan standar kesehatan pada tahapan pendaftaran pasangan calon, yang merujuk pada ketentuan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 untuk menerapkan standar protokol covid-19, kepada setiap pasangan bakal calon yang akan mendaftar diri di KPU Poso. Yakni mencuci tangan dengan dengan sabun, pemeriksaan suhu tubuh, screening berkas, menggunakan hand  sanitizer, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Menurut Ketua KPU Poso, Budiman Maliki, hingga siang ini sebagai hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso, belum menerima pemberitahuan resmi dari parpol pengusung bakal pasangan calon lainnya. KPU Poso masih menunggu hingga malam nanti pukul 24.00 WITA.

"Sampai saat ini, KPU Poso belum menerima pemberitahuan resmi dari parpol pengusung bapaslon lainnnya," kata Budiman Maliki, Minggu (6/9).

BERITA TERKAIT