06 September 2020, 09:49 WIB

Erick Thohir Jadi Pembicara Kunci Orientasi Mahasiswa Unhas


Lina Herlina | Nusantara

PROSES penerimaan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Demikian pula di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan yang akan menggelar orienasi pengenalan terhadap 6 ribu mahasiswa baru secara virtual. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Arsunan Arsin mengungkapkan, jika secara umum desain acara yang dirancang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini, betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

"Berhubung masih berada pada situasi pandemi virus korona, maka pelaksanaan prosesi masih akan berlangsung secara virtual," ungkap Prof Arsunan, Minggu (6/9).

"Penerimaan mahasiswa baru kita selenggarakan setiap tahun. Namun untuk tahun ini akan berlangsung daring. Hal baru lainnya adalah kita akan melibatkan lebih 6.000 peserta. Belum pernah kita ada kegiatan virtual dengan peserta sebanyak ini. Maka ini membutuhkan dukungan infrastruktur dan skill khusus,” sambung Arsunan.

Ia menambahkan, proses penerimaan mahasiswa baru akan dimulai 7 September 2020. Pada hari pertama merupakan acara tingkat universitas, yang akan diisi dengan penyampaian pesan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, melalui video streaming, dan Keynote Speech oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Pada hari pertama nanti, setelah prosesi penerimaan dan penyampaian keynote speech, akan ada sesi ceramah oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda, Gubernur Sulsel, juru bicara Covid-19 nasional, dan pemaparan akademik oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. Ini semua harus kita persiapkan dengan baik," lanjut Arsunan.

Pada saat prosesi ini juga akan dilangsungkan launching gerakan Mahasiswa Unhas bebas Penyakit Gigi dan Mulut. Kegiatan ini dilangsungkan bekerja sama dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas. Setelah usai acara di tingkat universitas, akan dilanjutkan dengan acara di tingkat fakultas, pada 8 September, dan tingkat program studi pada 9 September.

baca juga: Disiplin Protokol Kesehatan Harus Jadi Gerakan Utama Masyarakat

Mahasiswa baru Unhas angkatan 2020 selanjutnya diwajibkan mengikuti kegiatan Basic Learning Skills, Character, and Creativity (Balance). Acara ini akan berlangsung selama enam minggu, setiap hari Sabtu. Selama Balance, tidak diperkenankan ada kegiatan pendampingan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD).

“Khusus untuk kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh BEM dan HMD, dapat dilakukan setelah Balance. Kegiatan pendampingan ini harus berkoordinasi dengan pimpinan fakultas, melalui wakil dekan bidang kemahasiswaan,” tegas Arsunan. (OL-3)

BERITA TERKAIT