06 September 2020, 04:25 WIB

Ancang-Ancang Mencicip Mi Daging Sapi Taiwan


MI | Weekend

MULAI bangkitnya pariwisata di berbagai negara membuat banyak orang telah merancang liburan ke luar negeri. Dengan disiplin terhadap protokol kesehatan, melancong memang bisa saja dilakukan.

Jika Anda termasuk yang senang memadukan jalan-jalan dengan wisata kuliner, Taiwan bisa dimasukkan target negara tujuan. Di Taiwan ada salah satu sajian autentik yang kini semakin populer. Itu ialah mi daging sapi Taiwan.

Sekilas tampilannya mirip ramen Jepang dengan fi let daging sapi. Namun, mi Taiwan ini memiliki keistimewaan dalam bumbunya. Contohnya mi daging sapi hongshao yang merupakan varian paling terkenal dari mi tersebut. 

Hongshao menunjukkan cara pemasakan dengan penambahan kecap asin dan pasta kacang untuk membuat sup ini berwarna cokelat kemerahan. Tendon daging sapi yang digunakan direbus selama beberapa jam dengan tulang sapi dan bawang. Kemudian ditambah pula bunga lawang, lada, kecap, saus kacang pedas, dan rempahrempah lainnya. 

Tahapan masak yang terakhir ialah dengan dimasukkannya mi kenyal dan sayuran hijau. Pamor mi daging sapi Taiwan bisa dilihat dari masuknya sajian ini ke ulasan panduan makanan internasional terkenal Bib Gourmand dan diliput CNN Amerika Serikat. 

Jika pergi ke Taiwan, Anda bisa memilih berbagai sajian mi daging ini mulai yang harganya merakyat, sekitar Rp40 ribu, hingga yang premium seharga Rp5 juta. Setiap tahun Taiwan juga menggelar festival mi daging sapi yang memasukkan juga lomba restoran. 

Restoran yang sukses menduduki peringkat atas tahun itu biasanya akan menjadi buruan turis. Para pelancong muslim juga tidak perlu khawatir karena sudah banyak restoran mi daging sapi Taiwan yang memiliki sertifi kat halal dan mencantumkan logo halal di bagian depan
resto sehingga mudah dikenali. (RO/M-1)

BERITA TERKAIT