05 September 2020, 21:11 WIB

Stadion Gelora Delta Sidoarjo Jadi Markas Bajul Ijo


Widhoroso | Sepak Bola

TERJAWAB sudah kandang yang akan dipakai Persebaya Surabaya dan Barito Putera untuk lanjutan Liga 1 2020. Kedua klub tersebut telah menyerahkan nama stadion yang akan menjadi markas meraka kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Persebaya dipastikan tidak menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, yang merupakan markas aslinya. Bajul Ijo memilih berkandang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Sementara Barito Putera memutuskan berkandang di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laskar Antasari tidak bisa menjamu lawan-lawannya di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, karena lanjutan Liga 1 musim ini dipusatkan di Pulau Jawa.

Dijadwalkan lanjutan Liga 1 dimulai pada 1 Oktober mendatang. Seluruh pertandingan tanpa kehadiran penonton untuk mencegah infeksi virus corona yang penyebarannya masih belum berhenti di Tanah Air.

"Sudah semua. Persebaya milih di Sidoarjo dan Barito di Yogyakarta. Stadion Persebaya yang biasanya kan digunakan untuk Piala Dunia," kata direktur operasional PT LIB Sudjarno.

Ia menyebutkan pihaknya kini sedang fokus untuk lokakarya penerapan protokol kesehatan pada lanjutan Liga 1 musim ini. Seluruh klub bakal diberikan buku panduan sebagai acuan.

"Sekarang tinggal medical workshop yang paling penting. Kami sudah menyusun buku panduan di regulasi Liga 1, itu ada protokol kesehatan yang rinciannya ada di buku panduan dan buku panduan itu yang akan kami lemparkan di kegiatan itu," ucapnya.

Pesertanya, jelas Sudjarno, adalah dokter-dokter atau tim medis dari seluruh tim Liga 1 dan Liga 2 di venue. Dan kemudian ada beberapa juga dari dinas kesehatan daerah yang kami juga undang pada 14, 15, dan 16 September," ia menambahkan.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Barito Putera sudah bermain tiga kali. Hasilnya, pasukan Djadjang Nurdjaman tersebut menuai kekalahan dari Madura United dan Bali United, serta satu laga lainnya berakhir imbang 1-1 ketika bersua PSM Makassar.

Sedangkan Persebaya baru dua kali melangsungkan pertandingan. Bajul Ijo, ditahan Persik Kediri 1-1, serta satu laga lainnya dikalahkan Persipura Jayapura dengan skor 4-3.

Di klasemen Barito Putera menduduki posisi 17 klasemen meraih satu poin. Sementara Persebaya menempati peringkat 15 mengoleksi angka serupa dengan klub asal Banjarmasin tersebut. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT