05 September 2020, 18:35 WIB

Adaptasi Industri Fesyen pada Masa Pandemi


Ardi Teristi | Weekend

Para model dengan mengenakan busana nan indah berjalan anggun di atas catwalk. Mereka memeragakan busana para desainer Yogyakarta lengkap dengan masker.

Pagelaran busana sore itu, Jumat (4/9) sore, menjadi momen yang sangat spesial. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah membuat berbagai sendi kehidupan manusia harus beradaptasi agar tetap bertahan, termasuk industri faesyen dan pariwisata.

Lewat acara Infinix Virtual Culture Fashion Fest 2020, Infinix Indonesia bersama dengan Dinas Pariwisata DI Yogyakarta mengajak para pelaku industri fashion dan pariwisata untuk bangkit Para desainer fashion ternama Yogyakarta, yaitu Lia Mustafa, Afif Syakur dan Philip Iswardono, menunjukkan industri fesyen siap bangkit di era New Normal.

Para desainer yang tampil tersebut bukanlah desainer biasa. Mereka sering menampilkan karyanya di hadapan publik internasional.

Lia Mustafa selama ini dikenal sebagai desainer fesyen dengan rancangan busana yang sporty dan kasual, terbuat dari bahan tenun lurik kontemporer dengan rajutan berpola kawung dan motif garis-garis.

Sementara itu, Afif Syakur dikenal dengan busana dengan material khusus, sutera tenun tradisional, sutera alat tenun bukan mesin, serta batik dengan tekstur yang memiliki ciri khusus.

Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Singgih Raharjo menyatakan, kegiatan ini menjadi bentuk dukungan agar masyarakat bisa kembali mengunjungi tempat-tempat wisata yang juga sudah dilengkapi sistem protokol kesehatan yang ketat. "Menggerakkan kembali ekonomi kreatif ini juga perlu uji coba," kata Singgih. Setelah ini, pihaknya akan melihat respon masyarakat dan mengevaluasi kegiatan fashion show di tempat terbuka.

Tebing Breksi dipilih menjadi lokasi kegiatan karena merupakan salah satu tujuan wisata favorit di DIY. Selain itu, kawasan wisata ini juga telah dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Acara ini merupakan fashion show Yogyakarta pertama di masa pandemi yang resmi mendapatkan izin dilakukan secara outdoor yang tentunya juga sudah dipersiapkan dengan persiapan protokol kesehatan secara maksimal. Marketing Manager Infinix Indonesia, Sergio Ticoalu menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Infinix untuk bangkitnya industri pariwisata dan fesyen di Indonesia pada masa pandemi Covid-19. (OL-12)

BERITA TERKAIT