05 September 2020, 02:45 WIB

Universitas Terbuka Jadi Contoh Pembelajaran Daring


MI | Humaniora

UNIVERSITAS Terbuka (UT) dianggap mumpuni dalam mengembangkan metode pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ). 

Tak heran jika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyebut UT sebagai contoh pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. “UT sangat bagus menjadi platform untuk mendorong life long education. Banyak mahasiswa UT yang mengambil kuliah sambil bekerja, menimba teori sambil praktik di dunia kerja,” ucap Mendikbud saat puncak Dies Natalis ke-36 UT yang disiarkan secara virtual, Jumat, 4 September 2020.

Ke depan, Nadiem berharap UT bisa mengimplemetasikan konsep Kampus Merdeka dalam memberikan pengalaman, memperkuat soft skills dan hard skills mahasiswanya melalui program magang, membangun desa, program kemanusiaan, hingga proyek mandiri.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat mengatakan pandemi covid-19 telah memberikan banyak pelajaran dan perubahan sehingga sektor pendidikan kini mengandalkan pembelajaran secara daring.

“Semua pihak pada akhirnya menyadari bahwa pembelajaran online menjadi sebuah pilihan dan keniscayaan,” cetusnya.

Untuk menghadapinya, ungkap Ojat, UT melakukan beberapa terobosan, dimulai dengan melakukan inovasi bahan ajar yang interaktif, baik cetak maupun digital.

UT juga menerapkan modus pembelajar dengan tutorial berbasis web dan penerapan intervensi belajar dengan aplikasi bagi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti tutorial tatap muka daring.

Inovasi selanjutnya, yakni menerapkan sistem ujian dan tugas, peningkatkan atmosfer akadamik dan edukasi publik melalui seminar virtual bertajuk knowledge sharing forum yang diselenggarakan secara rutin.

Universitas Terbuka (UT) ialah perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. 

Pada perayaan ke-36 tahunnya, UT turut mempersembahkan empat buku, yaitu Profi l 36 Tahun UT Mengenai Kewibawaan Akademisi, kedua buku Pendidikan Terbuka untuk Indonesia Emas, buku berjudul Profi l Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan dan Perspektif Milenial Pendidikan Jarak Jauh. (Wan/H-2)

 

BERITA TERKAIT