05 September 2020, 03:30 WIB

Konstruksi Tol Cengkareng-Kunciran Kelar Akhir Tahun


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) menyebut tengah mengebut pengerjaan infrastruktur baik tol maupun jalan nasional di tengah pandemi. Salah satunya ialah tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono mengatakan progres pembangunan tol sudah mencapai 86,46%. “Untuk tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang dikelola PT Jasa Marga Kunciran Cengkareng (JKC) diharapkan selesai konstruksi pada akhir 2020,” ujar Basuki dalam keterangannya, kemarin.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan salah satu dari enam ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Tol tersebut bakal mendukung konektivitas pada kawasan Jabodetabek sekaligus mengurangi beban lalu lintas Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-Pera Danang Parikesit mengatakan kehadiran Tol JORR II nantinya juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Jakarta seperti Banten. Selain itu, tol Cengkareng- Kunciran diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya. Itu pun tersambung dengan Tol Serpong-Cinere yang juga akan selesai konstruksinya pada akhir 2020. (Ins/J-1)

BERITA TERKAIT