05 September 2020, 00:35 WIB

Prancis Luncurkan Paket Stimulus Masif Tangani Dampak Covid-19


MI | Internasional

PRANCIS telah meluncurkan paket stimulus ekonomi 100 miliar euro (Rp1.753 triliun) untuk membantu memperbaiki kerusakan ekonomi yang disebabkan virus korona baru.

Melansir BBC, Kamis (3/9), Presiden Emmanuel Macron mengatakan investasi tersebut akan mencakup pengeluaran besar untuk energi hijau dan transportasi.

Dijuluki ‘peluncuran kembali Prancis’, langkah itu bertujuan mengatasi peningkatan pengangguran, dan termasuk pemotongan pajak untuk bisnis. Ekonomi menyusut 13,8% antara April dan Juni, penurunan kuartalan terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Mengungkapkan rencana tersebut, yang setara dengan 4% dari output ekonomi tahunan Prancis, Perdana Menteri Jean Castex mengatakan stimulus hampir empat kali lebih besar daripada strategi penyelamatan yang diterapkan setelah krisis keuangan 2008.

Kebijakan ini termasuk investasi jangka panjang pada sektor pekerjaan dan pelatihan, serta dalam transformasi Prancis menuju ekonomi hijau. Sekitar 40 miliar euro pendanaan berasal dari dana pemulihan Uni Eropa yang baru.

Sekitar 35 miliar euro telah dialokasikan untuk proyekproyek yang membuat ekonomi lebih kompetitif, dan 30 miliar euro akan digunakan untuk kebijakan energi yang lebih ramah lingkungan. 

Sementara itu, sekitar 6 miliar euro direncanakan untuk membuat bangunan publik dan rumah yang lebih terisolasi. Industri hidrogen, sektor yang menerima investasi besar di Jerman, akan mendapatkan kucuran 2 miliar euro.

Paket investasi lainnya akan digunakan untuk mendukung pekerjaan, pelatihan, dan inisiatif sosial yang lebih luas dengan tujuan mencipta kan setidaknya 160 ribu lapangan kerja tahun depan.

Mathieu Orphelin, yang meninggalkan partai Macron tahun lalu untuk membangun partai yang lebih  berpusat pada isu lingkungan, mengatakan “Rencana ini bagus, tetapi ini tidak dapat dibatasi untuk dua tahun, kita perlu mempertahankannya selama 10 tahun.”

Presiden Kamar Dagang Prancis-Inggris Thierry Drilhon kepada BBC, mengatakan dia melihat paket stimulus akan membantu industriindustri yang telah menderita secara signifikan akibat covid19, selama investasi itu dilaksanakan dengan benar.

Prancis berada di jalur untuk mengalami salah satu resesi terburuk di Eropa, dengan penurunan 11% dalam perkiraan output ekonomi untuk 2020 secara keseluruhan. (BBC/Hym/I-1)

BERITA TERKAIT