04 September 2020, 22:18 WIB

Serena Melaju ke Ronde Tiga Untuk Hadapi Sloane


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

JUARA enam kali AS terbuka Serena memastikan diri lolos ke ronde ketiga setelah menaklukkan perlawanan sengit petenis Rusia Margarita Gasparyan. Ini menjadi ke 20 kalinya Serena lolos ke babak ketiga US terbuka.

Di babak berikutnya Serena harus menghadapi petenis unggulan senegaranya Sloane Stephens. Pada pertandingan kali ini Serena mampu menundukkan melewati Margarita Gasparyan dengan skor 6-2, 6-4.

"Saya merasa setiap hari saya dalam perjalanan baru, dan di turnamen ini khususnya dan tahun ini. Jadi saya merasa sangat baik. Saya merasa seperti sedang dalam perjalanan itu dan saya menuju ke arah yang benar," kata Serena dalam konferensi pers pasca pertandingan sebagaimana dilansir WTA, Jumat (4/9).

Mantan petenis nomor satu dunia itu tidak pernah kalah sebelum putaran ketiga dalam total 20 penampilan, dan mempertahankan rekor itu setelah menyingkirkan petenis Rusia yang tidak diunggulkan itu dalam 93 menit di bawah sorotan lampu Arthur Ashe Stadium.

"Saya suka penonton di sini, jelas, tapi saya telah bermain begitu lama sehingga saya memasuki era modern di mana semuanya serba digital. Ada sesuatu yang menenangkan tentang itu," ujar Serena.

Serena dan Gasparyan terakhir kali bermain pada 2016, ketika petenis Rusia itu memasuki pekan kedua turnamen Grand Slam untuk pertama kalinya di Australia Terbuka. Dari peringkat tertinggi dalam karir No. 41 Dunia, yang diikuti untuk Gasparyan adalah cedera lutut dan operasi berikutnya yang membuatnya tidak masuk lapangan selama dua tahun ke depan sebelum memenangkan gelar Tashkent Open pada akhir 2018 dan kembali ke Top. 100 pada 2019.

Membuka pertandingan, Serena langsung menyapu tiga game pertama dan mencegah break point untuk memimpin 5-1. Meski Gasparyan mematahkan servis petenis Amerika itu untuk set pembuka, juara Grand Slam 23 kali itu menunjukkan keberaniannya dalam game kedelapan yang panjang.

Memecah set tersebut pada kesempatan keduanya, ia menutup set yang nyaris sempurna yang menampilkan 12 pemenang menjadi hanya tiga kesalahan sendiri.

Memasuki set kedua pertandingan semakin kompetitif setelah Serena mampu bangkit dari jual beli break dengan keungguln 4-2. Game ini berlangsung selama 10 menit dengan lima deuce untuk memstikan dirinya mendapatkan kemenangan dua set.

Baca juga : Akhirnya Andy Murray Kandas Juga

Namun Gasparyan dengan cepat bangkit dan memenangi delapan dari 10 poin berikutnya untuk menyamakan kedudukan, dan akhirnya menarik Williams ke dalam permainan epik lain yang bisa membuatnya melakukan servis untuk menyamakan kedudukan. 

"Saya merasa dia kembali dengan sangat baik, dan saya merasa apa yang menahan saya di masa lalu semakin membuat frustrasi. Saya di sini, berjuang, dan saya merasa kemunduran kecil akan membantu saya mengetahui apa yang tidak boleh saya lakukan lain kali. "

Berjuang untuk mempertahankan, Serena melangkah untuk kembali dan dua pukulan forehand lepas dari petenis Rusia itu menempatkannya melewati garis finis dan masuk ke Babak 32 untuk ke-20 kalinya.

"Satu-satunya hal yang membuat saya bingung adalah saya sendiri, karena saya selalu merasa seperti saya tidak memenangkan setiap poin. Itu tidak masuk akal, dan biasanya saya hanya tenang.

Ia mengutarakan baha tidak perlu mejadi sempurna, sebab yang bisa ia lakukan adalah menikmati permainan dan menjalankan karirnya seperti selama ini.

"Jadi tidak masalah jika saya kehilangan 20 poin berturut-turut sekarang. Saya hanya merasa, tidak apa-apa, tidak apa-apa, saya di sini, dan saya bahagia. Saya bisa bermain tenis setelah bertahun-tahun. Jadi hanya melihatnya dengan cara ini, tidak ada apa-apa. Ini benar-benar hanya saya dan mentalitas saya," ujar Serena. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT