04 September 2020, 18:39 WIB

Pemkab Temanggung akan Pantau Langsung Perdagangan Tembakau


Tosiani | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah akan memantau perdagangan tembakau tahun ini. Diantaranya dengan mengunjungi sejumlah perwakilan pabrik rokok yang sudah mulai melakukan pembelian tembakau hasil panen petani.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, selain untuk memastikan tembakau petani dari daerahnya terserap dengan baik dan harga yang pantas, pihaknya juga ingin memastikan transaksi tembakau menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Penyerapan tidak secepat saat normal karena diawal musim tembakau turun hujan selama satu mingguan, ini juga mempengaruhi kualitas tembakau, saya berharap semua pihak bisa bekerja sama, dan saling menguntungkan, dari petani, pedagang maupun pihak industri,"kata Khadziq, Jumat (4/9).

Ia mengharapkan ada saling pengertian antar petani, pedagang dan pihak industri. Hal itu sangat penting agar ekonomi pertembakauan bisa terus berlangsung dan hidup. Terkait hal itu, ia meminta petani agar mempertahankan kualitas tembakau dengan tidak mencampurnya dengan tembakau dari luar Temanggung karena berbeda kualitasnya. Sementara pihak industri didesak memberikan harga yang bagus kepada petani.

Salah seorang greader tembakau, Koh Gyong menilai kualitas tembakau tahun ini secara umum menurun karena cuaca pada awal musim panen yang tidak begitu bersahabat. Ketika itu banyak turun hujan sehingga berpengaruh harga tembakau. "Mudah-mudahan kualitas tembakau semakin membaik karena panen masih berlangsung, sehingga harga tembakau akan bagus," katanya. (R-1)

BERITA TERKAIT