04 September 2020, 17:29 WIB

Bareskrim Tolak Laporan Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

PELAPORAN Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang (PPMM) terhadap Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke Bareskrim Polri ihwal diduga menghina masyarakat Sumatra Barat ditolak oleh Bareskrim Polri.

PPMM melaporkan Puan atas pernyataan 'Semoga Sumbar Jadi Pendukung Negara Pancasila'. Laporan tersebut diterima langsung oleh bagian Siber dan Kriminal Umum Mabes Polri.

Baca juga: Megawati Heran Orang Minang Tak Suka PDIP, Ini kata Fadli Zon

Ketua PPMM, David, mengatakan secara kesimpulan laporan pihaknya tidak memenuhi unsur yang ditetapkan penyidik. "Laporan tidak diterima karena tidak memenuhi unsur," ujar David di Bareskrim Polri, Jumat (4/9).

David mengaku akan melaporkan Puan Maharani ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). "Kita ke MKD pada hari Senin atau Selasa untuk melaporkan unsur kedewanannya," paparnya.

Sementara itu, Kuasa hukum PPMM, khaoirul Amin, mengatakan pihaknya diminta oleh penyidik untuk melengkapi berkas, khususnya perihal penyebar video Puan.

"Unsur tidak cukup harus ada rekomendasi dari Dewan Pers dan produk dari YouTube ini harus kita telusuri, siapa penyebarnya," ungkapnya.

Baca juga: Tentang Minang Asli

Amin mengatakan pihaknya tidak melarang masyarakat Minang untuk turun aksi ke jalan karena tak diterimanya laporan.

"Silakan, mau aksi boikot tidak ada nasi padang selama tiga hari di Jakarta juga silakan, itu kan hak dalam berdemokrasi," ungkapnya. (Ykb/A-3)

BERITA TERKAIT